Marak DBD, Ponpes Muhammadiyah Punnia Lakukan Fogging

IMG-20160305-WA0005

Keterangan gambar; aksi penyemprotan dan pengasapan (fogging) di Ponpes Muhammadiyah Punnia Pinrang | Dok

Pinrang – Pondok Pesantren (Ponpes) Muhammadiyah Darul Arqam Punnia-Labumpung yang terletak di desa Bunga Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang yang dikelilingi area persawahan dan perkebunan yang mengharuskan untuk dilakukan fogging paling sedikitnya empat kali selama setahun.

Olehnya itu menyikapi maraknya demam berdarah yang kerap terjadi akhir-akhir ini, maka pondok pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Punnia bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang dan Lembaga Pelayanan Sosial Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pinrang melakukan fogging di awal tahun 2016, Sabtu (5/3/2016).

Ust. Andi Syamiluddin, S. Pd, M. Pd. I selaku wakil direktur bidang kesantrian dan humas saat dikonfirmasi, mengatakan fogging memang merupakan program rutin pesantren cuma biasa terlambat, dan ini pertama kali untuk tahun 2016 ini.

“Fogging ini sengaja kami lakukan, karena pesantren berada di kawasan persawahan dan perkebunan sehingga nyamuk ada kemungkinannya berkembang biak dengan cepat. Jadi solusinya ya fogging,” tambahnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang melalui Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Menular yang Bersumber Binatang, Barnabea Kaliky, SKM, M. Kes mengatakan sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya aksi penyemprotan dan pengasapan (fogging)di Pesantren Muhammadiyah Punnia.

“Apalagi di sini banyak siswa yang mondok. Jadi harus diantisipasi lebih awal sebelum adanya korban DBD. Hal ini kami lakukan karena sudah banyak korban penyakit Nyamuk Deman Berdarah (DBD) yang telah dirawat di Puskesmas dan Rumah Sakit,” tambahnya.

“Aksi penyemprotan dan pengasapan (fogging) ini akan kami rutinkan setiap 3 bulan kedepan, supaya santri dan santriwati terhindar dari nyamuk deman berdarah” jelas Ust. Drs. M. Rusni Husain, M. Ag, sekaligus kelapa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Punnia Pinrang.

Penulis: Sulaiman Suju | Citizen report

*Kirimkan berita kegiatan Anda ke redaksi@liputanlima.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *