Di Balik Legenda Kuburan Tua Desa Papi, Enrekang

a

Desa Papi | Dok

Enrekang, LiputanLIMA.com – Desa Papi terletak di bagian Utara Enrekang. Terdapat sebuah bukit yang terletak di desa Papi yang dinamakan Pandan Papi,. Pandan yang berarti kuburan dan Papi sebuah nama perkampungan yang berada di desa Buttu Batu kabupaten Enrekang.

b

Asal muasal Pandan Papi dipercayai oleh warga, bahwa pada waktu dataran Pinrang dan Sidendreng Rappang masih lautan datanglah orang-orang naik perahu masuk ke pedalaman melalui Sungai Saddang langsung ke Tanah Toraja dan sebagian mendarat di kampung Papi.

c padang papi

Orang-orang tersebut dinamakan Puang dalam bahasa Enrekang. Puang artinya dalam bahasa Enrekang artinya sebagai orang yang memiliki garis keturunan Raja. Dikatakan Pandan Papi karena dibukit tersebut tempat kuburan bagi Puang yang mendiami daerah tersebut.

Pada zaman dahulu masih ada orang yang memiliki kepercayaan jika memanjatkan suatu keinginan di tempat tersebut. Maka permintaannya akan di kabulkan dengan menepati nazarnya. Tetapi, sekarang hanya segelintir orang yang mempercayai hal tersebut.

d

Selain kuburan terdapat pula Lesung yang dinamakan Issong. Issong ini terbuat dari batu yang diambil dari zaman batu Megalitikum. Ada cerita tentang Issong ini, saat di turunkan di Papi mendadak masyarakat papi terkena penyakit yang misterius.

Akhirnya melalui kesepakatan tetua adat zaman tersebut, dipindahkanlah Issong itu pada tempatnya kembali. Dan sampai sekarang kuburan Tua dan Issong tersebut masih dijaga oleh Puang Baco.

 

Nur Rezki | Citizen Reporter


Kirimkan berita seputar kegiatan organisasi Anda ke redaksi@liputanlima.com disertai dengan nama penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *