Dinas Koperasi dan UMKM Akan Gelar Lomba Antar Lorong

Pelaku UKM-Sumber Internet

Salah satu pelaku UKM | Dok

Makassar, LiputanLIMA.com – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Koperasi dan UMKM menggelar lomba UKM antar lorong. Event ini rencananya akan dimulai dengan tahap sosialisasi pada tanggal 22-27 April 2016, kemudian dilanjutkan dengan tahap pengumpulan berkas pada 28 April 2016.

Dari total peserta yang masuk nantinya akan disaring UKM terbaik untuk masuk ke tahap Final, dimana di tahap final yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 7 Mei 2016.

Lomba UKM antar lorong  bertujuan untuk penguatan dan peningkatan produktivitas UKM di kota Makassar, serta upaya penyiapan UKM siap ekspor.

“Dalam artian UKM yang ada saat ini kita bimbing dan kita beri fasilitas agar produk yang mereka hasilkan mampu untuk menjadi komoditas yang siap ekspor. Selain itu Dinas Koperasi kota Makassar juga bersinergi dengan misi Walikota, Dany Pomanto untuk menjadikan UKM kota Makassar dua kali tambah baik,” ujar Kepala Bidang Usaha Kecil dan Menengah Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Enra Efni di sela sela rapat persiapan kegiatan lomba UKM antar lorong, Rabu (20/4/2016) di ruang kerjanya.

Enra juga menambahkan bahwa mereka akan membuka seluas luasnya untuk peserta yang ingin ikut dalam lomba UKM antar lorong ini.

Syaratnya mudah, peserta cukup mengisi formulir yang disediakan oleh panitia, dan formulirnya dapat diperoleh di kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, di Balaikota Makassar JL. Ahmad Yani nomor 2, kemudian melengkapi berkas pendukung antara lain foto kopi KTP, foto tempat usaha, dan foto produk barang yang dihasilkan.

Setelah semua kelengkapan sudah siap nantinya akan ada proses pengumpulan berkas yang semuanya akan dipusatkan di kantor Balaikota.

Semua yang sudah melengkapi berkasnya akan langsung diwawancarai oleh tim verifikasi yang sudah disiapakan. Kemudian dari total berkas UKM yang terkumpul tersebut nantinya pihak kita akan memilih siapa siapa yang akan masuk ke tahap final.

Kriteria untuk masuk ketahap final, kami akan nilai dari kelengkapan berkas, dan juga akan ada proses survey lokasi usaha mereka, sementara itu untuk penentuan juara, mereka yang lolos ke tahap final harus mempresentasikan di hadapan dewan juri kehebatan dari produk UKM yang mereka hasilkan.

“Apabila masyarakat Kota Makassar membutuhkan informasi lebih lanjut tentang lomba UKM ini dapat menghubungi staf kami, Kusnadi di nomor telepon 085255697877,” jelas Enra.

Akademisi Fakultas Ekonomi Unhas,  Andi Nur Bau Masseppe yang juga aktivis pemberdayaan UKM kota Makassar memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap gelaran lomba UKM antar lorong ini. Dirnya menyebutkan bahwa kegiatan ini memiliki nilai positif untuk menumbuhkan daya saing bagi para pelaku UKM sehingga mereka akan memberikan inovasi terbaru dari produk yang mereka hasilkan

“Saya sangat percaya bahwa pelaku UKM di kota Makassar memiliki nilai kreatifitas yang cukup tinggi dan tidak kalah dengan pelaku UKM di kota kota besar lainnya,” ujar Andi Nur Bau.

Rilis


Kirimkan berita seputar kegiatan organisasi Anda ke redaksi@liputanlima.com disertai dengan nama penulia

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *