IAIN Palopo dan STAIN Sorong Rintis Kerjasama di Jepang

Osaka, LiputanLIMA.com- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) ¬†Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, dan Kepala Pusat Penjaminan Mutu Sekolah Tinggi Agam Islam Negeri (STAIN) Sorong mengunjungi Osaka University, Jepang, Senin (26/12/2016). Kunjungan dilakukan dalam rangka rintisan kerjasama untuk penelitian dan pelaksanaan kegiatan bersama. Dr. Muh. Takdir, Wakil Dekan Bidang Akademik FEBI IAIN Palopo ketika diterima direktur Institute of Social and Economic Research Osaka University, Prof. Shinsuke Ikeda menyatakan bahwa pertemuan ini adalah ikhtiar awal membangun kerjasama. “Ke depan, banyak yang bisa kerjasamakan. Khususnya bidang Penelitian,”ujar Takdir.

Sementara itu, ¬†Kepala Pusat Penjaminan Mutu Sekolah Tinggi Agam Islam Negeri (STAIN) Sorong Ismail Suardi Wekke, Ph.D., menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini menjadi awal untuk penjajakan kerjasama. “Sehingga memungkinkan alumni baik STAIN Sorong maupun IAIN Palopo dapat melanjutkan pendidikan magister ataupun doktor di Osaka University.”beber alumnus IAIN Alauddin ini. Selanjutnya, pertemuan mulai mendiskusikan peluang kerjasama yang dapat dilakukan antara Indonesia dan Jepang.

Rintisan ini diawali dengan menghadiri kegiatan konferensi yang berkaitan dengan ilmu ekonomi, bisnis, dan ilmu sosial. Dalam presentasi yang dihadiri beberapa perguruan tinggi di Asia, menjadi kesempatan untuk saling memperkuat jaringan dan juga mengindentifikasi topik-topik riset yang menjadi fokus masing-masing lembaga.

IAIN Palopo dan STAIN Sorong menjadikan momentum rintisan kerjasama ini dalam rangka memperluas jalinan akademik di Asia. Sebelum itu, kedua lembaga tersebut sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Asia Tenggara. Mulai akhir tahun ini, fokus ke wilayah Asia Timur. Jepang, menjadi salah satu sasaran utama. Disamping karena reputasi akademik perguruan tinggi Jepang, juga karena peluang beasiswa yang terbuka untuk alumni program sarjana dan magister dalam melanjutkan studi.

Citizen Report: Ismail Suardi Wekke dari Osaka, Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *