Makin Gemuk, Makin Lemah Daya Otak

obesitas

Illustrasi obesitas

Inggris, LiputanLIMA.com – Ternyata orang yag memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas, punya hubungan yang terkait dengan penurunan daya ingat yang buruk dibanding dengan orang yang kurus.

Penelitian dari University of Cambrige, menemukan bahwa berat badan yang tinggi memengaruhi struktur otak, terutama ketika pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan emosi.

Penelitian tersebut dimuat di The Quarterly Journal of Experimental Psychology. Mereka menemukan bahwa indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi dikaitkan dengan kinerja yang lebih buruk pada tes memori episodik.

Dalam penelitian ini, para peneliti meminta 50 partisipan berusia 18 sampai 35 tahun dengan berbagai BMI. Mereka melakukan semacam tes memori yang mengukur memori episodik. Peneliti menemukan, semakin tinggi BMI, semakin rendah skor pada tes.

Hasilnya, mereka mengatakan, dapat disebabkan oleh perubahan struktural dan fungsional dalam otak di antara mereka dengan BMI lebih tinggi.

Untuk saat ini, ada 35 persen orang Amerika yang mengalami obesitas dan dua pertiga akan memiliki kelebihan berat badan, dan angka tersebut diperkirakan akan terus bertumbuh, dilansir dari nationalgeographic.co.id.

(*/Suryani Musi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *