Polri Buka Beberapa Pendaftaran Gratis. Niat Jadi Polisi? Yuk Buruan

bolos-tiga-kali-polisi-bakal-dipecat-2znzLCnf5M

Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) membuka beberapa penerimaan Polri yang terdiri dari Akpol, Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu, Brigadir Polisi, SIPSS, dan Tamtama Polri | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) kembali memberikan kesempatan kepada putra putri Indonesia untuk menjadi anggota Polri melalui seleksi penerimaan Polri. Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) membuka beberapa penerimaan Polri yang  terdiri dari Akpol, Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu, Brigadir Polisi, SIPSS, dan Tamtama Polri.

1. Pendaftaran AKPOL

Akpol adalah sekolah Ikatan Dinas yang diselenggarakan oleh Kalemdikpol untuk mendidikan Taruna Akpol menjadi Perwira Polri. Tugas pokok Akpol adalah bertugas menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi.

Lamanya waktu yang ditempuh untuk mengikuti pendidikan di Akademik Kepolisian (Akpol) adalah 4 tahun. Setelah lulus, Taruna Akpol akan diberi pangkat Inspektur Dua Polisi. Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan.

Pendidikan Akpol memiliki beberapa tujuan, di antaranya :

Pengetahuan, keterampilan, kemampuan, sikap, dan perilaku terpuji peserta didik sebagai insan bhayangkara;
Pengetahuan, keterampilan, kemampuan, sikap, dan perilaku peserta didik dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman serta pelayanan masyarakat yang humanis dan dipercaya; Kesamaptaan jasmani yang prima

Dari informasi di atas, mungkin bisa menjadi sebuah pertimbangan bagi anda untuk mengikuti pendidikan di Akademik Kepolisian (Akpol). Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda.

Ada suatu kelebihan jika anda mengikuti pendidikan di Akademik Kepolisian (Akpol), yaitu biaya pendidikan gratis karena Akademik Kepolisian (Akpol) adalah sekolah ikatan dinas yang biaya pendidikannya telah ditanggung oleh Pemerintah. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon Taruna Akpol.

Penerimaan calon Taruna Akpol diperuntukkan bagi minimal lulusan SMA / sederajat. Calon Taruna Akpol bisa melakukan pendaftaran secara online dengan mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia. Namun sebelum mendaftar, terlebih dahulu harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran Calon Taruna Akpol yang telah ditentukan oleh panitia. Berikut persyaratan selengkapnya.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita)
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  4. Pendidikan paling rendah SMA / sederajat
  5. Usia minimal 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri)
  6. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela
  9. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.

Persyaratan Lain

  1. Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun
  2. Untuk persyaratan nilai kelulusan tahun 2012, 2013, 2014, dan 2015 dengan nilai hasil ujian akhir nasional (HUAN) untuk IPA dan IPS min 6,5 (enam koma lima)
  3. Berijazah paling rendah SMA/MA jurusan IPA/IPS dengan ketentuan bagi lulusan tahun 2016 (yang masih kelas XII) menggunakan nilai rata-rata rapor kelas XII semester 1 (semester terakhir) dengan ketentuan :
    Nilai rata-rata minimal 72,50 (tujuh dua koma lima nol)
  4. Setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dengan nilai UN minimal 72,50 (tujuh dua koma lima nol)
  5. Bukan merupakan lulusan program pendidikan kesetaraan paket A, paket B dan paket C;
  6. Tinggi badan : Pria minimal 165 cm, Wanita minimal 163 cm, seimbang dengan berat badan.
  7. Berdomisili di wilayah polda tempat pendaftaran minimal 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan KTP dan/atau surat keterangan dari kepala desa/kelurahan setempat dan KK atau Ijazah/STTB/Rapor terakhir (kecuali peserta dari SMA Taruna Nusantara dan SMAT Krida Nusantara);
  8. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Akpol, belum pernah melahirkan bagi calon taruna wanita dan belum pernah punya anak kandung/biologis bagi calon taruna pria
  9. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) minimal selama 10 (sepuluh) tahun
  10. Memperoleh persetujuan dari ortu/wali
  11. Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain
  12. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan :
  13. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan
  14. Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan taruna akpol
  15. Bagi yang memiliki prestasi di tingkat provinsi/nasional/internasional agar dilampirkan sertifikatnya untuk dijadikan pertimbangan dalam penentuan kelulusan
  16. Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian tingkat Panda dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
    a. Pemeriksaan administrasi awal
    b. Pemeriksaan kesehatan tahap I
    c. Pemeriksaan dan pengujian psikologi
    d. Pengujian akademik, yang meliputi : Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, Matematika (IPA dan IPS).
    e. Pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Keswa)
    f. Pengujian kesamaptaan jasmani dan antropometri
    g. Pendalaman PMK
    h. Pemeriksaan administrasi akhir
    i. Sidang terbuka kelulusan tingkat panda
    j. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah negara kesatuan republik indonesia (NKRI)
  17. .Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian tingkat Panpus dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
    a. Sistem gugur meliputi : Pemeriksaan Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan, Pemeriksaan Psikologi  wawancara dan pendalaman PMK, Uji jasmani dan antropometri
    b. Sistem ranking : Uji TPA dan Toefl, Pemeriksaan penampilan, Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Akhir    Panpus.
    c. Setelah memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran di atas, selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran  Akpol secara online. Pendaftaran online Akpol dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Cara Pendaftaran Online Akpol:

Buka alamat website : penerimaan.polri.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *