Google Pun Ikut Peringati Hari Buruh

Google doodle hari buruh | Int

Google doodle hari buruh | Int

Jakarta, LiputanLIMA.com – Hari ini, tepat tanggal 1 Mei 2016, warga dunia memperingati Hari Buruh Internasional. Mesin pencari raksasa, Google pun turut merayakan dengan peringatan dengan memasang doodle¬†khusus bertema ‘Labour Day 2016’ pada halaman depannya

Doodle tersebut menggambarkan aktivitas para pekerja yang merupakan apresiasi dan penghormatan dari raksasa teknologi asal AS itu terhadap kaum buruh di seluruh dunia.

Hari Buruh Internasional atau dikenal juga dengan sebutan May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei. Di beberapa negara, May Day ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Sejarah May Day tidak lepas dari perjuangan kaum buruh dalam menuntut delapan jam kerja. Abad ke-19 adalah periode ketika buruh dihadapkan pada kenyataan bahwa mereka rata-rata bekerja 18-20 jam. Tuntutan pun dikeluarkan, perpendek jam kerja.

Perjuangan menuntut delapan jam kerja ini di mulai di AS pada 1 Mei 1886. Demonstrasi yang diikuti oleh 400 ribu buruh ini berlangsung selama berhari-hari dan berbuntut pada penyerangan dan penembakan terhadap para demonstran yang dilakukan oleh polisi.

Pada Juli 1889, Kongres Buruh Internasional yang diselenggarakan di Paris, Prancis, menetapkan peristiwa di AS tanggal 1 Mei itu sebagai Hari Buruh Sedunia dan mengeluarkan resolusi yang berisi:

“Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi delapan jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional di Paris.”

Resolusi tersebut mendapat sambutan hangat dari berbagai negara. Dan sejak 1890, tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional oleh kaum buruh di berbagai negara, meskipun mendapat tekanan keras dari pemerintah mereka.

Di Indonesia, Hari Buruh Internasional sudah diperingati sejak tanggal 1 Mei tahun 1920. Bahkan Indonesia tercatat sebagai negara Asia pertama yang merayakan 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional.

Setelah Indonesia merdeka, pemerintahan Presiden Soekarno juga menetapkan bahwa setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Bahkan pada Undang-undang Kerja No 12 Tahun 1948 pasal 15 ayat 2 disebutkan:¬†“Pada hari 1 Mei buruh dibebaskan dari kewajiban bekerja”.

(Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *