Hardiknas, Aktivis Mahasiswa Sesaki Jalan di Makassar

IMG-20160502-WA0008

Aktivis mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di sejumlah jalan di Makassar, Senin (2/5/2016) | Ahmad

Makassar, LiputanLIMA.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh hari ini, Senin (2/5/2016) diwarnai aksi unjuk rasa aktivis mahasiswa dari sejumlah kampus dan organisasi di Makassar. Aksi yang dilakukan di beberapa jalan protokol ini menimbulkan kemacetan.

Di jalan Sultan Alauddin contohnya, ada HMI Cabang Gowa Raya (Cagora) yang melakukan unjuk rasa. Mereka menyuarakan kekecewaan atas sistem pendidikan yang masih memihak.

“Padahal pasal 31 ayat 1 UU no 20 tahun 2003 menyatakan setiap warga negara wajib mendapatkan Pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya,” kata Feri Hariyanto, Ketua HMI Cagora.

Pendidikan pun kata Feri harusnya diselenggarakan dengan secara demokrasi dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung hak asasi manusia. “Namun sampai hari ini tidak diindahkan oleh pemerintah,” tambahnya.

Dalam aksinya, pengunjuk rasa sempat terlibat tarik menarik ban dengan apaat kepolisian yang mengamankan aksi.

Di Jl Sultan Alauddin, HMI Cagora tidak sendiri, ada juga Koalisi Aktivis Makassar (KAM). Tuntutannya, meminta pihak terkait untuk menghentikan liberalisasi pendidikan yang dinilai melemahkan kualitas dan mutu pendidikan Indonesia.

“Bahwa pendidikan pada hari ini sesuai UU yang dicantumkan oleh para pemerintah sendiri,” ungkap Ahmad Akbar, ketua advokasi pergeraka ini kepada LiputanLIMA.com.

IMG-20160502-WA0011

Koalisi Aktivis Makassar (KAM) melakukan aksi damai di Jl Sultan Alauddin

Sementara itu, mahasiswa UNM Makassar juga turun melakukan aksi di Jl AP Pettarani. Aksi ini dilakukan mahasiswa Fakultas Seni dan Desain.

Dalam aksi tersebut, mereka meminta kepada pihak pemerintah agar bisa menjalankan pendidikan sesuai dengan amanat UU pendidikan yang berlaku bukan hanya dipolitisir semata.

“Pendidikan hanya di politisasi oleh pihak pemerintah tidak dijalankan aturan berlaku,” ungkap Agung Munandar pada LiputanLIMA.com

Mahasiswa UNM berunjuk rasa di JL AP Pettarank

Mahasiswa UNM berunjuk rasa di JL AP Pettarani

Di Jl Urip Sumohardjo, aksi serupa juga berlangsung dan sempat membuat macet.

(Ahmad/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *