Kemenpora Gandeng FTI UMI Pamerkan 13 Produk Teknologi Karya Mahasiswa Makassar

Makassar, LiputanLIMA.com – Sebanyak 13 produk teknologi tepat guna hasil karya inovasi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan komunitas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan akan dipamerkan pada gelaran Youth Technologi Expo 2016 atau Youtech Expo 2016.

Produk tersebut, antara lain listrik pintar, electroad atau pemanfaatan panas aspal jalan sebagai sumber energi listrik, alat penguras dan penyedot tinta cartridge inkject merek Canon dengan HP, dan beberapa teknolgi tepat guna lainnya.

Rencananya, Youtech Expo 2016 yang merupakan hasil kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dengan Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) akan berlangsung di kampus FTI UMI, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu-Kamis (27-28/7/2017).

Asisten Deputi Peningkatan Iptek dan Pemuda Kemenpora RI, Esa Sukmawijaya mengatakan, Youtech Expo 2016 menstimulus pemuda dan mahasiswa agar menciptakan karya-karya inovatif.

“Ajang ini bertujuan memberi ruang bagi pemuda Indonesia mengeksplorasi karya dan inovasi dalam bidang teknologi diharapkan mampu menjadi technopreneur usia muda,” kata Esa.

Lebih lanjut, Esa mengatakan, Youtech Expo mampu mendongkrak pencapaian visi misi pemerintah melalui Kemenpora guna menghasilkan 1.000 enterpreneur atau wirausahawan muda.

Youtech Expo 2016 pun tak hanya digelar di Makassar, tapi terlebih dahulu digelar di Jakarta dan Yogyakarta.

Dekan FTI UMI, Zakir Sabara H. Wata, MT., IPM menyambut baik dan bangga gelaran ini, terlebih fakultasnya ditunjuk sebagai tuan rumah.

FTI UMI yang kini sedang membina empat program studi, yakni Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Pertambangan dan akan dibuka pada Agustus 2016 adalah Program Profesi Insinyur, mendidik mahasiswa untuk menjadi teknokrat wirausahawan.

Zakir pun mengajak seluruh civitas akademika UMI melihat langsung produk teknologi yang akan dipamerkan, pekan depan.

Agar Youtech Expo 2016 lebih menarik, FTI UMI mengundang pejabat badan usaha milik negara berbagi success story, stand up comedy show, dan performance band.

“Silakan datang di kampus FTI UMI agar Anda bisa menjadi technopreneur,” kata Zakir. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *