IAIN Kendari Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Asia Tenggara

Kendari, LiputanLIMA.com- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Sulawesi tenggara menjadi tuan rumah pelaksanaan sebuah hajatan internasional. Kegiatan yang dikemas dalam International Conference on Islam and Local Wisdom (ICLAW) berlangsung selama dua hari (25-26/4/2017) di Kota Kendari. Konferensi Internasional menghadirkan beberapa pakar dari perguruan tinggi terkemuka di Asia Tenggara. Dua pembicara yang cukup populer adalah Dr Phil Al Makin dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Prof Ghamal Abdul Nasir Zakaria dosen Universiti Brunai Darussalam.

Dr Supriyanto, ketua panitia konferensi tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi kolaborasi IAIN Kendari dengan perguruan tinggi di Asia Tenggara. “Kehadiran perguruan tinggi dari Brunai, Malaysia, dan juga Thailand merupakan usaha untuk mewujudkan kolaborasi untuk pengembangan akademik dan tri dharma perguruan tinggi.”katanya.

Ditambahkannya bahwa tuntutan kawasan yang sudah mengglobal, maka tidak mungkin lagi kemajuan perguruan tinggi tidak bisa lagi menggunakan perspektif kompetisi. Sudah saatnya memulai sinergi antar lembaga.

Untuk itu, Dr Supriyanto menegaskan bahwa konferensi ini juga bagian dari kesinambungan ikhtiar membangun atmosfer akademik di IAIN Kendari. “Dalam 50 tahun yang akan datang, IAIN dapat mewujudkan visi yang diemban saat ini, menjadi pusat kecemerlangan transdisiplin dalam kajian keislaman.”katanya menandaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor IAIN Kendari, Dr H Nur Alim menyampaikan bahwa kegiatan konferensi juga mempertemukan para pengelola pasca sarjana untuk bersama-sama menandatangani nota kesepahaman antara Fatoni University Thailand dengan para direktur pasca sarjana yang hadir. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *