Siap-siap..!!! Pemerintah Akan Bangkitkan Kembali Industri Kakao

IMG-20160405-WA0018

Sejumlah pembicara pada kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama Dirjen Perkebunan dan CSP, Selasa (5/4/2016) | Indra

Makassar, LiputanLIMA.com – Kakao punya peran yang sangat penting untuk negara, sedikitnya ada lima peranan strategis kakao untuk mendorong produktivitas perekonomian Indonesia. Demikian kata direktur tanaman tahunan dan Rempah, Ditjen Kementrian Pertanian, Dwi Pratomo, Selasa (05/4/2016).

Hal itu diungkapkan Dwi Pratomo dalam penanda tanganan kesepakatan bersama program kolaborasi antara Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (DJPKP) dengan Cocoa Sustainability Partnership (CSP) tentang Cocoa Economic Cluster Partnership (CEPAT).

Dwi Pratomo menjelaskan dalam presentasenya, bahwa kakao berperan sebagai penghasil devisa negara, penciptaan lapangan kerja, pengembangan wilayah, mendorong agroindustri kakao, dan sumberdaya pendapatan utama Masyarakat.

Hal tersebut mendorong semangat Cocoa Sustainability Partnership (CSP) untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah, Stekeholder dan petani dalam mengembangan produktivitas kakao di Indonesia.

“Untuk mewujudkan program pengembangan kakao ini, kita harus bekerjasama antara pemerintah, Stakeholder dan Masyarakat,” ungkap Dwi Pratomo mengakhiri persentasenya.

Kakao termasuk penghasil terbesar ketiga setelah kelapa sawit, kedua karet.

(Saefullah/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *