Takalar Rangking 3 Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Sulsel

fb_img_1480925486853

Suasana High Level Meeting di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (05/12/2016).

Makassar, LiputanLIMA– Ada yang menarik di pertemuan High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulsel dan Kabupaten Kota se Sulsel. Acara yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin (5/12/2016) dihadiri oleh para Bupati dan Wakil Bupati se Sulawesi selatan.
Kepala Perwakilan BI Sulsel, Wiwiek Sisto Hidayat memaparkan kondisi pertumbuhan ekonomi di Sulsel. Menurut Wiwiek, ada tiga Kabupaten di Sulsel yang memiliki pertumbuhan ekonomi terbaik selama 2016. “Kabupaten Selayar, Sinjai dan Takalar mengalami pertumbuhan ekonomi yang tertinggi di Sulsel.”ujar Wiwiek. Tak lupa Wiwiek mengulas perkembangan ekonomi akhir dan awal tahun.
“Untuk meningkatkan ekonomi Sulsel di akhir tahun ini, kami memang tidak membuat gebrakan terlalu tinggi karena ekspansi dari APBD belum begitu baik. Di Triwulan III ini masih 57,2 persen. Hingga akhir Desember itu, kami mengharapkan kalau bisa APBD bisa 95 persen. Ini akan memberikan pertumbuhan ekonomi di Triwulan IV di angka 7 – 7,4 persen. Artinya, apakah bisa lebih tinggi dengan pertumbuhan ekonomi 2015, nanti kita lihat. Dari sisi APBD, kita harapkan jadi sumber pertumbuhan ekonomi di Triwulan IV,” urainya.
Ia juga mengakui, pertumbuhan ekonomi Sulsel di atas 8 persen akan sulit dicapai. BI mencoba melakukan exercise, dengan membuat proyeksi yang optimistis untuk mencapai angka 7,6 – 8 persen. Tapi, persyaratannya memang agak berat. Pertumbuhan yang diharapkan dari sektor utama, apakah itu pertanian, perikanan, kehutanan dan konstruksi, industri pengolahan dan penggalian, harus ada recovery dari sisi ekspor utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *