Semua Orang Berhak Hidup Bahagia

Ilustrasi | Int

Ilustrasi | Int

Oleh:Usman Jasad

Allah memberikan anugerah yang sama kepada seluruh umat manusia. Allah memberikan panggung kehidupan yang sama, Matahari yang sama, dan Bumi yang sama.

Karena itu, semua orang berhak untuk hidup bahagia. Kebahagiaan bukan hanya milik orang kaya, pejabat, dan orang terkenal. Kebahagiaan juga adalah milik orang yang kekurangan harta, rakyat biasa, dan orang yang terasing dari keramaian.

Jangan sia-siakan hidupmu dengan meratapi keadaan. Nikmatilah hidupmu apa adanya karena kamu bisa bahagia tanpa harta, tahta, dan pesta. Setiap orang bisa merasakan hidup bahagia. Jangan biarkan orang lain atau situasi sekitar merenggut kebahagiaanmu.

Kebahagiaan ada di dalam dirimu dan bersemayam dalam hati sanubari. Untuk merasakannya, kamu hanya perlu tersenyum dalam situasi apapun. Untuk menikmatinya, kamu hanya perlu berprasangka baik terhadap kehidupan.

Kalaupun kamu hidup dalam kemiskinan, itu hanyalah peran yang harus kamu mainkan dalam panggung kehidupan ini. Kalaupun kamu hidup dalam kesulitan, itu hanya lakon yang harus kamu mainkan dari pentas sandiwara.

Berlomba-lombalah dalam kebaikan. Dalam kekayaan ada kebaikan jika kamu mensyukurinya. Dalam kesulitan pun ada kebaikan jika kamu bisa bersabar.

Kehidupan dan segala pernak-perniknya memang disiapkan untuk semua orang, ambil dan nikmatilah karena memang itu adalah hak dan kepunyaanmu.

images (20)Penulis adalah Ketua Kesthuri Sulsel dan dosen di UIN Alauddin Makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *