OPINI: Harapan itu Selalu Ada

 

Imam Shamsi Ali

(Presiden Nusantara Foundation,  berdomisili di Amerika Serikat)

Baru saja meninggalkan kampung halaman, Indonesia,  menuju kampung halaman lain, Amerika Serikat. Kunjungan saya kali ini cukup singkat. Tapi jadwal begitu ketat, serasa diperas tenaga dan pikiran ini. Tapi yang pasti, hati senang dan bahagia bisa melakukan aktifitas singkat itu di bumi Indonesia.

Ada satu hal yang barangkali cukup menggelitik, atau tepatnya mengganggu pikiran saya selama beraktifitas itu. Hampir di setiap kegiatan dialog, ceramah, diskusi, bahkan wawancara, ada pertanyaan-pertanyaan yang seolah jika kedua kampung halaman saya ini sudah minim harapan.

Anehnya pikiran yang cukup pessimis itu seolah sedang dialami oleh kedua kampung halaman itu. Tentu kampung halaman yang saya maksud adalah Indonesia dan Amerika Serikat.

Indonesia dianggap sedang mengkhawatirkan karena adanya “gesekan-gesekan” antar kelompok, yang tidak jarang melibatkan pemegang otoritas. Tidak jarang saya dengar pertanyaan atau keluhan jika Indonesia saat ini terancam disintegrasi dan perpecahan. Atau Indonesia saat ini sedang terancam oleh infiltrasi luar, tendensi ekstremisme Islam dari Timur Tengah misalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *