Golkar Takalar Sepi Pendaftar, Jangan-Jangan Gara-Gara Selasa Pamali?

20151020_091306_cakranews_golkar-pendukung_bendera

Pendukung partai golkar mengibarkan bendera | Int

Takalar, LiputanLIMA.com – Hari pertama proses penjaringan calon Bupati Takalar partai Golongan Karya (Golkar) sepi pendaftar. Sampai Selasa (5/4/2016) malam, panitia penjaringan mengungkapkan belum ada yang mengambil formulir.

“Hari ini belum ada. Mungkin besok,”ungkap Ismail Tato, sekretaris panitia. Ketika ditanya apakah ini ada kaitannya dengan tradisi suku Makassar yang menganggap hari Selasa sebagai hari pamali merencanakan sesuatu, Ismail hanya menjawab dengan senyum.

“Wallahua’lam,” ujarnya lagi.

Dalam berbagai tradisi suku Makassar, hari Selasa biasanya dimaknai sebagai hari pamali. Mereka khawatir akan “Nipassalasa” atau dikecewakan. Tradisi dan kepercayaan ini masih dipertahankan pada beberapa kelompok masyarakat. Tak heran, beberapa lapisan yang masih mempercayai tradisi ini, tidak akan melakukan sesuatu yang penting pada hari Selasa.

Sebagaimana diketahui, Partai Golkar membuka penjaringan calon Bupati Takalar pada 5 – 9 April 2016, meski belum jelas sepinya pendaftaran lantaran dipengaruhi mitos bahwa hari Selasa merupakan hari pamali atau karena faktor lain. Yang jelasnya, proses penjaringan ini dilakukan di kantor DPD Partai Golkar Takalar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *