Praktisi Hukum: Akte Notaris Program Syamsari Tak Ada Gunanya

Pasangan Syamsari - Haji De'de ketika membuat akte notaris 22 program prioritasnya. Hek

Pasangan Syamsari – Haji De’de ketika membuat akte notaris 22 program prioritasnya. Hek

Takalar, LiputanLIMA.com – Pasangan Calon Bupati Takalar Syamsari Kitta – Achmad Se’re alias Haji De’de mendaftarkan ke notaris 22 program prioritas mereka, Rabu (2/11/2016).

Hal ini dimaksudkan mereka agar program yang akan dilakukannya kelak memiliki konsekwensi hukum jika tidak terealisasi.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang praktisi hukum, Adzan Sulhaidir menilai langkah tersebut sebagai sesuatu yang sia sia.

Melalui akun Facebook miliknya, Adzan menilai bahwa dalam membuat ikatan di notaris paling tidak ada dua atau beberapa pihak yang mengikatkan diri di pembuatan akte tersebut.

Menurutnya, dalam pasal 1320 KUHP Perdata sangat jelas tentang pembuatan akte perjanjian. Jika kemudian hari, menurut Adzan, SK HD terpilih maka masyarakat tidak memiliki legal standing dalam menuntut Syamsari jika mengkhianati janji politiknya. Karena masyarakat tidak dilibatkan atau diwakili dalam pembuatan akte tersebut.

Berikut pernyataan Adzan Sulhaidir dalam akun Facebook miliknya yang diposting tanggal 2 Nopember 2016 pukul 23.30 Wita di Grup Facebook Pilkada Takalar 2016.

Kekuatan Hukum Kontra Politik yg dibuat SK-HD tidak pro Rakyat Krn tidak Memenuhi Unsur Pasal 1320 KUHP Perdata Yaitu;

1.Sepakat mereka yang mengikatkan dirinya

2. Kecakapan utk membuat suatu perikatan

3. Adanya objek tertentu.

4.Kausa yang halal.

sehingga dapat disimpulkan masyarakat akan lemah untuk melakukan upaya hukum krn Masyarakat tidak dilibatkan dlm Ikatan Kontrak trsebut Minimal Tanda Tangan dr seseorang yg di kuasakan oleh Warga Takalar (Point 1),Kemudian objek perjanjian ini tidak jelas karena Menafsirkan banya hal2 yg berbeda-beda (Point 3). Jadi Untuk Masyarakat Takalar Posisi kalian ini sangat lemah di Mata Hukum, Manakala SK-HD ini melanggar Kontrak Politiknya.” (Hek)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *