KPU Prediksi Gugatan Bur-Nojeng Sampai Finis

Jakarta, LiputanLIMA.com- Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang pleno putusan dismissal Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) 2017. Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperkirakan, hanya tujuh daerah yang akan diterima permohonan pengajuan sengketanya oleh MK.

“Dalam hitungan kami, jika mengacu pada regulasi yang akan berlanjut pada persidangan pembuktian atau persidangan pokok perkara hanya tujuh daerah saja,” kata Komisioner KPU Arief Budiman di kantornya, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Tujuh daerah yang diprediksi lolos antara lain Kabupaten Takalar (selisih 1,16%), Kabupaten Gayo Lues (selisih 1,43%), Kota Salatiga (selisih 0,94%), Kabupaten Bombana (selisih 1,56%), Kota Yogyakarta (selisih 0,59%), Kabupaten Maybrat (0,33%), serta Provinsi Sulawesi Barat (0,75%).

Menurut Arief, untuk tujuh daerah yang diprediksi lolos pihaknya sudah menyiapkan bahan jawaban di sidang pembuktian nanti. “Bahwa pekerjaan kami (penyelenggara) benar,” tutur Arief.

Senada, kuasa hukum Bur-Nojeng di Pilkada Takalar, Syamsuardi kembali menyatakan optimis bisa memenangkan gugatan kliennya di MK. Menurut Syam, meskipun pihak termohon, dalam hal ini KPU Takalar, maupun pihak terkait mengajukan eksepsi tentang kewenangan MK untuk mengadili dan eksepsi gugatan yang dianggap kabur, namun dari jadwal yang diumumkan di website MK tidak terdapat panggilan sidang dismissal untuk permohonan sengketa Pilkada Takalar.

“Sampai hari ini belum ada pemberitahuan sidang putusan sela yang disampaikan ke tim kuasa hukum Bur-Nojeng. Sehingga dengan demikian, maka dapat disimpulkan eksepsi termohon dan pihak terkait dikesampingkan majelis hakim MK,” ujarnya optimis, Kamis (30/03/2017).

Selanjutnya, permohonan perselisihan hasil pemilihan (PHP) Kabupaten Takalar akan berlanjut pada proses agenda sidang berikutnya yaitu sidang pembuktian terhadap pokok perkara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.