Jelang Tes Wawancara, Staf Panwas Adukan Mantan Komisioner ke Timsel

TAKALAR, LiputanLIMA.com- Jelang pelaksanaan tes wawancara para calon komisoner Panwas Pemilihan Gubernur, peristiwa menarik terjadi di Takalar.
Sejumlah mantan staf di sekretariat Panwaslu Takalar yang bekerja kala Pilkada Takalar dihelat beberapa waktu lalu, mengirimkan pengaduan kepada pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel terkait lolosnya tiga mantan komisioner Takalar di tahapan wawancara.

Aduan tersebut dilayangkan mengingat kinerja ketiga mantan komisioner tersebut, selama menjalankan tupoksinya dinilai sangat amburadul dan tidak independen selama proses pilkada berlangsung.
Adapun ketiga mantan komisioner yang mendapat sanggahan dan dukungan dari publik Takalar yakni, Ibrahim Nellyati dan Saifuddin.

“Kami telah melayangkan pengaduan ke Bawaslu Propinsi untuk mempertimbangkan kelulusan tiga mantan komisioner panwaslu Takalar. Sanggahan kami layangkan mengingat kinerjanya yang tidak memuaskan, secara teknis mereka tak bekerja layaknya sebagai pengawas pilkada,” kata mantan staf komisioner Panwaslu Takalar, yang minta identitasnya dirahasiakan, Selasa (18/7/2017).
Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi membenarkan bahwa sejak tahapan pengumuman lolos berkas administrasi, pengaduan dari masyarakat sudah mulai dibuka. Hal ini dimaksudkan sebagai masukan atas rekam jejak dari para calon.
“Sejak pengumuman lolos berkas, sudah diminta tanggapan masyarakat terhadap nama yang lolos. Ini penting diklarifikasi saat wawancara,”urai Arumahi.
Mantan jurnalis itu juga menyampaikan kepada masyarakat Sulsel untuk turut berpartisipasi mengawasi proses rekrutmen calon pengawas pilgub.
“Jika berupa surat, bisa dikirim ke sekretariat Bawaslu Sulsel di Jl. A.P. Pettarani No 98 Makassar atau via email : sdmbawaslu.sulsel@yahoo.co.id.”tambah Arumahi.

Bawaslu Sulsel juga menyiapkan layanan SMS ke Nomor Zona I : Husni 085398604519, Zona II : Zulkifli 085398604526, Zona
III, Rismayadi 085398604525 dan Zona IV, Anas 085398604605.
Untuk diketahui, rekrutmen calon komisioner panwas pilkada Gubernur Sulsel, sudah berada di fase 12 besar. Rencananya, Rabu 19 Juli 2017 besok, tim seleksi akan melanjutkan ke tahapan wawancara untuk diciutkan ke tahap 6 besar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *