PPP Masih Yakin IYL-Cakka Maju di Jalur Parpol

MAKASSAR, LiputanLIMA.com- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan optimismenya jika duet Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) akan maju lewat koalisi partai politik di Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Kendati semakin nyata ada usaha ingin menjegal pasangan bertagline Punggawa Macakka ini dengan cara merebut parpol pengusung. Namun, PPP berkeyakinan bila parpol lain justru akan bersama IYL-Cakka.

“Kita tetap optimis Pak IYL-Cakka akan maju lewat Parpol, kan masih ada partai yang belum menentukan sikap,” kata Ketua DPW PPP Sulsel Muh Aras kepada wartawan, Jumat (22/09/17).

Aras menambahkan, dengan modal kursi yang dimiliki partainya, ia sangat yakin IYL-Cakka mampu mencukupi. Apalagi, survei jagoannya bakal jadi pertimbangan tersendiri partai lainnya yang belum bersikap.

“Pak Ichsan bukan politisi baru kemarin. Saya yakin kemampuan beliau meyakinkan Parpol untuk mencukupkan dukungan maju di Pilgub Sulsel,” tambah Aras yang juga anggota DPRD Sulsel.

Diketahui, skenario untuk menjegal IYL tidak maju di Pilgub Sulsel berhembus kencang setelah DPP PAN yang selama ini sejak awal memberi rekomendasi ke IYL, dikabarkan “masuk angin” akibat dugaan tekanan dari kekuatan besar di pusat.

Pasca-wacana itu berhembus, spekulasi terus bermunculan jika IYL akan menjalankan plan keduanya, yakni jalur perseorangan. Akan tetapi, pilihan maju lewat koalisi parpol disebut-sebut tetap menjadi prioritas.

Apalagi, beberapa parpol, seperti Demokrat dan Gerindra, hingga saat ini belum menentukan sikap. Sehingga, salah satu partai tersebut bergabung ke IYL-Cakka, maka syarat maju lewat parpol bisa terpenuhi. Mengingat, baik Gerindra maupun Demokrat sama-sama memiliki 11 kursi di DPRD Sulsel.

Jika hitungannya satu saja yang memberikan dukungan, maka jumlah kursi yang dimiliki IYL-Cakka, yakni 17 kursi. Apalagi, kepengurusan PPP yang diakui oleh Menkumham, yakni kubu Romi. Dengan demikian, duet ini tetap bisa melenggang mulus lewat koalisi parpol. Ditambah lagi bila PAN tetap pada rekomendasi awal.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *