Hasil Survei: Para Kandidat Harus Kerja Keras Tumbangkan Petahana di Pilkada Jeneponto

MAKASSAR, LiputanLIMA.com– PT Pedoman Suara Indonesia (PSI) menggelar hasil survei untuk Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Jeneponto.

Direktur Riset PT PSI, Chandra Utama menyatakan bahwa temuan hasil survei yang digelar dari tanggal 11 – 16 Desember 2017, bahwa popularitas petahana, Iksan Iskandar dan pasangannya Paris Yaris masih jauh unggul dibandingkan calon lainnya.

Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 600 responden. Sampel yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Diperkirakan margin error sebesar 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Elektabilitas petahan Iksan Iskandar memiliki dukungan tertinggi sebasar 45, 4 persen dan diikuti oleh Mulyadi Mustamu sebesar 18, 7 persen, Muh Syarif 9, 7 persen sementara tidak menjawab 10, 9 persen,” papar Direktur Riset PSI pada dialog publik “menakar kekuatan petahana di Pilkada Jeneponto yang digelar di Warkop 212, Boulevard, Makassar, Sabtu (20/1/2018).

Adapun bakal calon yang akan bertarung di Pilkada Jeneponto berjumlah empat pasangan.

Diantaranya Iksan Iskandar – Paris Yaris, Mulyadi Mustamu – Kasmin Makkamula, Muhammad Syarif – Andi Thahal Fasni dan Baharuddin Baso Jaya – Isnad Ibrahim.

Masih dalam survei, melalui pertanyaan, seandainya pemilihan langsung hari ini (survei 6-11 Desember 2017) terhadap 4 calon. “Dari simulasi 4 nama, Iksan Iskandar yang paling tinggi dengan dukungan 52, 4 persen, diikuti Mulyadi Mustamu 20, 2 persen, Muh Syarif 10, 4 persen, Baharuddin Bado Jaya 5, 2 persen,” paparnya.

Selain itu, sambungnya, dari segi politik, ekonomi, kemanan, penegakan hukum, petahana masih sangat baik.

Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir menyampaikan mengacu ke survei PSI dukungan elektoral petahan Jeneponto diangka 52 persen lebih sangat kuat.

“Jadi agak susah dilawan dengan 52 persen apalagi yang melawan ini semua orang dekat petahana karena hubungan keluarga,” kata Suwadi.

Apalagi, IPI telah melakukan assesment di Jeneponto mengukur kekuatan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

“Ada 1200 kita assesment di seluruh desa di Jeneponto. Hasilnya rata-rata tomas masih mempercayai petahana kembali memimpin,” ungkap Suwadi.

Pada dialog ini turut hadir, pembicara Dr. Arief Wicaksono dan Dr Arqam Azikin. Acara diselenggarakan oleh KAMMI dan Political School.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *