Usulkan Tambah Dapil, KPU Takalar Gelar Uji Publik

TAKALAR, LiputanLIMA.com- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Takalar menggelar uji publik penataan daerah pemlihan (Dapil) Pemilu 2019, Rabu (7/2/2018) di Hotel Granda Kalampa Takalar.

Uji publik menghadirkan puluhan elemen masyarakat dari unsur tokoh masyarakat, Ormas, OKP, partai politik, lembaga non pemerintah dan media.

Ketua KPUD Takalar, Jusalim Sammak menjelaskan bahwa pihaknya menggelar uji publik ini dalam rangka menyerap kehendak publik atas usulan penambahan dapil di Takalar.

“Penambahan dapil ini baru sebatas usulan. Inilah sehingga perlu kita dengar keinginan publik untuk kami rekam dan teruskan ke KPU RI. Karena penetapan dapil ada di pihak KPU RI,”katanya.

KPU mengusulkan penambahan dapil di Pemilu 2019 menjadi empat dapil yang sebelumnya hanya tiga. Meski dapil bertambah, namun jumlah kursi tetap 30 disebabkan jumlah penduduk Takalar masih belum memungkinkan adanya penambahan kursi.

Adapun usulan susunan Dapil tersebut adalah Dapil 1 meliputi Polongbangkeng Utara dan Pattallassang, Dapil 2 terdiri dari Polongbangkeng Selatan dan Mangarabombang. Selanjutnya Dapil 3 meliputi Mappakasunggu, Sanrobone dan Galesong Selatan. Terakhir Dapil 4 meliputi Galesong dan Galesong Utara.

Beragam tanggapan mengemuka dalam uji publik ini. Namun, keputusan akhir tetap akan ada di KPU RI.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *