Soal Provinsi Luwu Raya, Begini Kata Opu Makole

LUWU, LiputanLIMA.com- Kepala Pemerintahan Wilayah Opu Makole Baebunta Kedatuan Luwu, Andi Masyita Kampasu kembali mengungkapkan harapannya agar pemekaran Provinsi Luwu Raya segera terwujud. Wacana pemekaran telah berhembus lama, tetapi hingga kini belum menemui titik terang.

Andi Masyita berujar, keinginan agar kawasan Luwu Raya dapat dimekarkan menjadi provinsi begitu diidamkan oleh rakyat Luwu. Karena itu, tokoh pro pemekaran Luwu tak pantang menyerah mewujudkan harapan tersebut.

“Rakyat Luwu Raya sudah lama mendambakan pemekaran menjadi provinsi. Kita akan terus berjuang supaya pemekaran provinsi ini bisa segera terealisasi,” tegasnya.

Bagian Kedatuan Luwu yang mewakili Datu Luwu apabila berhalangan ini menerangkan, keinginan pemekaran diharapkan dapat menggenjot pembangunan agar dapat lebih optimal. Jika Luwu Raya telah terpisah terbentuk, maka anggaran daerah dapat dikelola secara mandiri dan lebih merata.

“Sesuai dengan filosofi Luwu, wanua mappatuo’e naewai alena. Para leluhur telah sejak lama menanamkan semangat Luwu yang memiliki berbagai ll sumber daya untuk maju dengan potensinya,” tuturnya.

Pemekaran Provinsi Luwu Raya juga diharapkan agar mampu memangkas jarak dalam pengurusan administrasi ke ibukota provinsi. Sehingga, rakyat Luwu tidak perlu jauh-jauh ke Makassar. Apalagi, kawasan Luwu Raya memang memiliki luas hampir separuh dari Sulsel.

Harapan tersebut sejalan dengan niat pasangan calon Gubernur-calon Wakil Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar. Pemekaran dicita-citakan agar mampu mengakselerasi pembangunan di daerah otonomi baru.

“Pemisahan Luwu Raya bukan untuk memisahkan rakyat Luwu dengan rakyat Bone, Gowa, dan Sulsel lainnya. Pemekaran secara administratif saja supaya bisa tercipta akselerasi pembangunan seperti yang telah terjadi di Sulbar,” ujar NH yang juga merupakan penandatangan pertama hak inisiatif DPR RI untuk pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Sulbar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *