Pengamat Komunikasi Unhas Sebut IYL Lebih Siap Dibanding NH dan NA

MAKASSAR, LiputanLIMA.com– Debat kandidat ke dua Pilgub Sulsel telah berlangsung dua segmen. Segmen pertama penjelasan visi dan misi berkaitan dengan pendidikan pelayanan publik. Sementara segmen ke dua adalah pertanyaan yang dirumuskan para panelis yang dibacakan oleh host.

Dalam analisanya, pakar komunikasi politik dari Universitas Hasanuddin, Iqbal Sultan menilai, dari 4 kandidat, hanya ada dua yang kelihatan memiliki kesiapan beradu gagasan di panggung debat. Mereka adalah Ichsan Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu’mang.

“Ada yang belum plong bicara. Ini kan kami menilai dari gestur dan kemampuan untuk memberikan jawaban,” kata Iqbal, Kamis malam (19/4/2018).

Menurutnya, 4 kandidat memang masih terkesan grogi dan nerves. Akan tetapi Ichsan Yasin Limpo dan Agus AN memang cenderung lebih siap.

“masih adagrogi dan nerves panggung. Belum cepat mengaktualisasikan dirinya. Mereka tidak cepat melakukan penyesuaian. Belum los, belum keluar suara aslinya,” kata Dr. Iqbal.

Meski demikian, dia mengaku tidak ingin mendiskreditkan calon lain. Sehingga, menurutnya, keempatnya hampir sama secara umum. “Yang lain itu hampir sama lah,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *