Mudahnya…Bayar Tilang Sekarang Bisa Lewat Internet

images (63)

Ilustrasi | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Bagi mereka yang biasa kena tilang, pasti sudah hafal betul bagaimana prosedur untuk menebus surat-surat kendaraan. Mereka harus menyiapkan waktu untuk hadir di Pengadilan.

Namun ke depannya hal tersebut tak perlu dilakukan lagi, sebab bayar tilang sekarang bisa dilakukan secara online. Jadi, pemilik kendaraan yang kena tilang sekarang bisa langsung melihat denda yang harus ia bayar melalui website wilayah kejaksaaan masing-masing.

Jika membuka website salah satu kejaksaan, akan ada menu tambahan tilang. Di situ akan terdapat menu tilang online yang kemudian harus diisi data-datanya seperti email dan identitas lainnya, oleh pemilik kendaraan, seperti dibawah ini.

Screenshot_2016-04-08-09-54-07

Kolom identitas yang harus diisi oleh pemilik kendaraan yang kena tilang | Dok

Setelah itu akan muncul nominal biaya yang harus didaftarkan. Selanjutnya pemilik kendaraan bisa membayarnya langsung ke Bank atau via ATM. Adapun waktu yang diberikan untuk membayar denda adalah dua hari.

Namun wajib dipastikan, pemilik kendaraan yang kena tilang baru bisa menggunakan jalur online sehari setelah jadwal sidang tilang. Jadi kalau misalnya kebagian jadwal sidang tilang pada tanggal 15, maka pemilik kendaraan baru bisa menggunakan jalur online di tanggal 16.

Kendati demikian, tilang online ini masih belum merata di seluruh Indonesia. DKI Jakarta menjadi daerah pertama yang sudah menawarkannya di lima wilayahnya. Salah satunya di Kejaksaan Negeri jakarta Selatan di alamat http://www.kejari-jaksel.go.id/tilang.

(Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *