Sttt.. Ternyata Ini Resep Kecantikan Gadis Bugis

 

22

Illustrasi |Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Banyak yang bilang bahwa kecantikan gadis Bugis tidak diragukan lagi. Sampai para pemuda terperdaya kepadanya. Ternyata, di balik kecantikan mereka, ada resep rahasia yang selama ini biasa mereka pakai lho. Apakah itu? Berikut, laporan dari Liputanlima.com.

Gadis Bugis, ternyata memiliki racikan khusus dari warisan nenek moyang yang mampu membuat kulit mereka putih mulus.

Racikan alami yang sama sekali tidak mengeluarkan dana terlalu banyak untuk membuatnya. Ialah Bedda Lotong, yang berarti bedak hitam. Dulunya, bedak ini dipakai buat calon pengantin.

Bedda Lotong yang berbahan baku beras secara turun temurun dari nenek moyang dan hingga saat ini selalu digunakan dalam upaya mempercantik kulit.

Khasiatnya sangat banyak, terutama karena mampu melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah, membantu meregenerasi sel kulit yang telah rusak atau mati, memperbarui pigmen melamin dalam kulit, membantu menangkal sinar ultraviolet, menghambat pertumbuhan jamur sehingga menghilangkan gatal-gatal pada kulit, mewangikan badan, bahkan juga mampu sebagai oromatherapi yang membuat pikiran terasa santai dan menenangkan.

Karena mampu menangkal sinar ultraviolet, maka tidak jarang Bedda Lotong banyak ditemukan di musim panen, passalnya di musim panen para gadis biasanya turun ke sawah untuk menuai hasil padi miliknya.

Supaya tidak terlihat hitam, Bedda Lotong merupakan solusi baginya. Bedda Lotong dipakai saat mandi sebagai lulur.

Membuat Bedda Lotong tidaklah terlalu sulit, dan bahan dasarnya sangatlah mudah ditemukan. Namun untuk membuat Bedda Lotong, orang tua menyarankan agar menyediakan wajan yang sudah tidak dipakai lagi, soalnya dalam membuat Bedda Lotong beras digoreng terlalu lama sehingga bisa membuat wajan anda jadi bocor.

Sayangnya, rahasia kecantikan alami ini mulai terlupakan sedikit demi sedikit, lantaran banyaknya produk baru yang modern dan mudah didapatkan di mana saja.

Bedda Lotong kini hanya biasa ditemukan di kampung-kampung pedalaman, itu pun sudah terbilang jarang.

Meski kualitas Bedda Lotong tidak jauh berbeda dengan luluran yang beredar di pasaran, bahkan Bedda Lotong bisa dikatakan lebih aman pasalnya tidak mengandung bahan kimia, dikutip dari berbagai sumber.

Berikut tipsnya:
Bahan:
– 2 gelas beras biasa
– akar ginseng
– daun pandan 1 jeruk nipis

Cara membuatnya :
Sangrai beras hingga hangus kemudian masukkan akar ginseng daun pandan dan aduk hingga tercium aromanya.
Setelah itu ditumbuk hingga halus, lalu masukkan perasan jeruk nipis. Diamkan hingga dingin, kamu bisa gosokkan di kulit gelap kamu, buat hasil yang maksimal yang terpenting rutin menggunakannya sebelum mandi.

(*/Suryani Musi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *