Mitos-Mitos Pada Orang Bugis

DSC_0040

Kecantikan Gadis Bugis dalam balutan baju bodo | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Mitos adalah suatu informasi yang sebenarnya salah tetapi dianggap benar karena telah beredar dari generasi ke generasi.

Begitu luasnya suatu mitos beredar di masyarakat sehingga masyarat tidak menyadari bahwa informasi yang diterimanya itu tidak benar. Karena begitu kuatnya keyakinan masyarakat terhadap suatu mitos tentang sesuatu hal, sehingga mempengaruhi perilaku masyarakat.

Nah, pada masyarakat Bugis, ada beberapa tindakan yang yang pada akhirnya membentuk suatu mitos, da itu benar-benar dipercayai oleh sebagian besar masyarakat setempat.

 

1. Kupu-Kupu dalam Rumah

Nah, jika ada kupu-kupu yang tersesat di dalam rumah, itu artinya akan ada tamu yang akan datang dalam waktu dekat.

2. Duduk di atas bantal

Duduk di atas bantal, bisa dimaknai pantat akan bisulan. Meski sebetulnya, batal memang tidak bisa diduduki lataran akan rusak, tapi bukan berarti akan kena bisul lhoo.

3. Leher Belakang yang Terbelah Dua

Nah, ini lebih parah lagi. Orang Bugis mempercayai bahwa orang yang memiliki leher belakang yang terbelah berarti orangnya pelit. Meski kadang orang yang memiliki belahan di bagian leher belakangnya biasa karena lantaran ia kurus.

4. Tidak Bisa Mengingat Nama Orang yang Mau Disebut
Ini maknanya sama dengan point tiga. Ketika ada orang Bugis menceritakan seseorang lalu tiba-tiba tidak bisa mengingat nama orang tersebut, maka ia dinilai orang pelit. Nah, bagaimana jika, ia juga ternyata punya belahan di leher belakang?  Pelitnya double dong.

5. Cewek Berbulu Lebat
Nah, ini yang paling bahaya. Lantaran cewek yang berbulu lebat pasti akan dicap memiliki punya nafsu yang besar, dikutip dari berbagai sumber (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *