Google Doodle Today: Hari Lahir Bapak Mikroelektronika Indonesia

Screenshot_2016-04-15-03-38-21

Tema Google Doodle hari ini | Dok

Makassar, LiputanLIMA.com – Tema Google doodle hari ini cukup menarik. Mesin pencari terbesar itu memeringati hari jadi Bapak Mikroelektronika Indonesia, Prof Dr Samaun Samadikun yang lahir pada 15 April 1931 di Magetan, Jawa Timur.

Prof Samaun dikenal sebagai seorang insinyur, pendidik dan ilmuwan Indonesia. Ia dikenal sebagai seorang figur dosen ITB dan pendidik yang sangat menonjol sebagai teladan.

Suami dari Roesdiningsih ini juga dikenal berpenampilan lahiriah sederhana dan bersahaja tanpa mengurangi wibawa dan kehormatannya. Itu membuatnya mendapaat julukan bapak Mikroelektronika Indonesia.

Prof Samaun meninggal di Jakarta pada 15 November 2006 silam dalam usia ke 75 tahun. Semasa hidup, Prof Samaun menjadi pencetus Akademi Ilmu Pengetahuan Islam dan salah satu pendiri Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. Pada tahun 1987-1992 ia juga menjadi anggota MPR RI sebagai Utusan Golongan.

Ia adalah penulis dan turut menulis banyak publikasi ilmiah nasional maupun internasional dalam bidang tunnel diodes, instrumentasi nuklir, fabrikasi IC, energi, industri elektronika, dan pendidikan serta editor buku “mikroelektronika”.

Jasa-jasanya di bidang elektronika diakui dunia ilmu pengetahuan, termasuk cita-citanya menjadikan kota Bandung sebagai “Kota Chip” di Indonesia. Ia memprakarsai program Bandung High Technology Valley (BHTV).

Ia selalu mendorong adanya investasi global untuk industri elektronika agar terbuka lapangan kerja di bidang ini. Ia juga menginginkan industri elektronika Indonesia untuk lebih berorientasi ekspor, agar industri ini dapat menghasilkan devisa.

Baginya, kemajuan industri elektronika Indonesia harus diukur dari jumlah nilai ekspor dan jumlah lapangan kerja.

(*/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *