Jangan Lupa Makan Tomat Hari Ini, Rasakan 5 Manfaatnya

images (23)

Ilustrasi | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Anjuran untuk mengonsumsi buah dan sayur lainnya selalu disuarakan, tentu untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk tomat. Tomat dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan manusia.

Selain itu, ada lagi sederet manfaat dari tomat. Salah satunya ditulis dari sebuah penelitian, bahwa lycopene pada tomat terbukti dapat mengurangi stroke. Dan peneliti mengaku tidak menemukan antioksidan lain, baik itu alpha-karoten, beta-karoten, tokoferol alpha dan retinol yang bisa memberikan efek serupa.

Berikut ini LiputanLIMA.com sajikan manfaat tomat lainnya yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Bagi kebanyakan orang, makanan acap kali menjadi tempat untuk melampiaskan stres. Jika Anda termasuk orang yang seperti itu, lain kali cobalah makan tomat jika berada dalam kondisi tersebut.

Tim peneliti gabungan dari China dan Jepang di tahun 2012 membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi tomat 2-6 kali dalam sepekan berisiko 46 persen lebih kecil untuk terserang depresi dibandingkan yang jarang makan.

2. Di tahun 2013 silam, sebuah obat bernama Ateronon dikembamgkan untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah yang biasanya memicu stroke dan serangan jantung. Rupanya, obat ini mengandung bahan aktif bernama lycopene yang ada di kulit tomat, semangka dan buah-buahan berwarna merah lainnya.

Penelitian lainnya, pernah dilakukan di Finlandia, bahwa lycopene dalam tomat juga terbukti efektif melindungi otak dari serangan stroke. Karena pada partisipan dengan kadar lycopene tertinggi risiko mereka terserang stroke 55 persen lebih kecil dibandingkan dengan partisipan lain yang kadar lycopene-nya rendah.

3. Segelas jus tomat setiap hari juga dapat menangkal kanker payudara, itu diungkap peneliti dari University of Rutgers, New Jersey membuktikan. Iycopene dalam tomat bisa menambah jumlah hormon adinopectin sebesar 9 persen. Dengan bertambahnya hormon ini maka seseorang terhindar dari obesitas yang juga menjadi faktor risiko kanker.

4. Di usia tua, pembesaran prostat biasanya akan mudah menjangkit. Namun, itu bisa dihambat dengan mengonsumsi tomat sebanyak 300 gram perhari.

dr Anna Khuzaimah, MKes, Kepala Balai Pengobatan Tradisional Masyarakat (BTKM) Makassar mengatakan, agar manfaatnya diperoleh secara maksimal, sebaiknya tomat dipanaskan terlebih dahulu sebelum dimakan.

5. Dalam salah satu studinya, peneliti Tokyo Medical University menemukan fakta bahwa dengan meminum dua gelas jus tomat segar (400 ml) dalam sehari dapat membantu meringankan gejala menopause, di antaranya kolesterol yang cepat naik, kecemasan, keringat berlebih dan perubahan mood.

Hanya saja peneliti mengatakan, efek ini baru mulai terlihat setelah partisipan mengonsumsi jus selama rata-rata 8 pekan. Itu artinya mengonsumsi tomat harus jadi kebiasaan terlebih dahulu agar bisa dirasakan manfaatnya.

(*/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *