Cara Ampuh Keluarkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Bud

Alat-Penyedot-Kotoran-Telinga-Perlukah

Ilustrasi, cara mengeluarkan kotoran telinga dengan penyedot | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Tahukah Anda, membersihkan telinga menggunakan kapas (cotton bud) sebenarnya tidak dianjurkan. Walau rasanya enak, membersihkan telinga dengan cotton bud sebenarnya berbahaya dan tidak efektif.

Faktanya, kotoran telinga juga memiliki manfaat, yakni untuk melumasi dan menjadi antibakteri dalam telinga sehingga telinga tak gampang terasa kering. Walau Anda merasa membersihkan telinga termasuk bagian dari gaya hidup bersih, para ahli justru tidak sepakat.

Walau Anda merasa kapas adalah sesuatu yang lembut, nyatanya Anda membersihkan kotoran telinga dengan batang cotton bud. Hal itu dapat merobek kulit di lubang telinga hingga menyebabkan infeksi. Skenario terburuk yang bisa menimpa Anda adalah, gendang telinga tertusuk karena gesekan yang agresif.

Kotoran telinga adalah zat alami yang membantu melindungi telinga dan liang telinga. Kadang-kadang kotoran telinga itu menumpuk sehingga menyebabkan masalah atau ketidaknyamanan pada pendengaran. Kotoran telinga dapat dibersihkan, namun berhati-hatilah jangan sampai merusak bagian-bagian sensitif telinga saat melakukannya. Artikel ini membantu Anda untuk membersihkan kotoran telinga dengan aman dan efektif sekaligus menghindari Anda dari metode-metode yang lebih berbahaya dan keliru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *