Sebelum Nyawa Anda Melayang, Hapus Lima Hal Ini di Facebook Anda

ilustrasi-facebook

Ilustrasi facebook | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Hampir semua orang biasanya menggunakan akun facebooknya untuk menjelaskan siapa dirinya yag sebenarnya. Mulai dari tanggal lahir, alamat rumah, nomor telepon, sampai hal-hal rinci lainnya. Hal tersebut sebetulnya mengundang bahaya lantaran siapa saja bisa mengikuti Anda berdasarkan informasi  yang super lengkap di akun facebook Anda. Berikut ini, hal-hal yang mustinya Anda hapus di akun facebook Anda jika masih ingin hidup Anda aman.

Tanggal lahir

Tanggal lahir menjadi informasi berguna bagi para pelaku pencurian identitas di dunia maya. Sebab, tanggal lahir menjadi kunci penting bagi seseorang yang ingin berpura-pura menjadi Anda. Lebih baik singkirkan informasi ini dari akun Anda. Namun, jika memang hal ini tidak terhindari, cantumkan saja tanggal kelahiran minus tahun kelahiran.

Alamat rumah

Analogikan kondisinya seperti ini: apakah Anda akan memberikan alamat rumah pada orang asing yang baru saja Anda temui di jalan raya? Tentu tidak! Inilah yang Anda lakukan ketika mencantumkan alamat lengkap rumah di akun Facebook. Rumah Anda adalah “benteng pertahanan” terbaik yang Anda punya.  Apakah Anda bisa jamin bahwa semua teman Anda di Facebook adalah orang baik? Atau Anda bisa menjamin akun mereka tidak dibajak orang tidak bertanggung jawab yang mengoleksi alamat rumah yang bertebaran di Facebook?

Nomor telepon

Jangan mencantumkan nomor telepon Anda. Karena ini bisa menjadi informasi penting bagi seseorang yang ingin melacak keberadaan Anda. Jika Anda ingin membagi nomor kontak pribadi, lebih baik gunakan jaringan pribadi.

Status hubungan

Pencantuman status ini membuat seseorang, terutama perempuan, bisa dikuntit orang tidak bertanggung jawab. Status hubungan ‘single’ dan ‘rumit’ adalah yang biasanya diincar. Anda juga bisa menjadi sasaran orang-orang yang mencari para jomblo via Facebook Graph Search.

Informasi terkait pekerjaan

Anda mungkin bangga bisa bergabung dalam sebuah perusahaan besar. Namun, jangan sampai kesenangan itu berlebihan dengan menempatkan semua aktivitas terkait pekerjaan di akun Facebook Anda. Ingat, tidak semua perusahaan menyukai publikasi macam itu.

Pasalnya Anda dianggap wajah perusahaan di masyarakat. Apabila Anda bertingkah laku tidak seperti yang mereka inginkan, Anda bisa tertimpa masalah. Selain itu, publikasi di akun Anda bisa menjadi “jendela” bagi para kompetitor perusahaan melihat kinerja kalian, dari berbagai sumber (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *