Bahayakah Memakai Bra Ketika Tidur?

Dampak-Memakai-Bra-Saat-Tidur

Ilustrasi tidur nyenyak dengan memakai dalaman | Int

AS, LiputanLIMA.com – Ada beberapa orang yang biasanya langsung tidur begitu saja tanpa melepas dalamannya. Terlebih jika sehabis pulang kerja dalam keadaan lelah. Meski dinilai, mayoritas wanita masih aman-aman saja bila tidur dengan tetap mengenakan pakaian dalamny.

Dari riset-riset sebelumnya juga belum pernah ada satupun yang mengklaim bahwa mengenakan pakaian dalam, khususnya bra, selama 24 jam buruk bagi kesehatan.

Bahkan sebuah studi di tahun 2014 yang dilakukan Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle dikatakan bra tidak terbukti berpengaruh terhadap risiko kanker payudara, meskipun peneliti telah mengamati berbagai aspek yang berkaitan dengan risiko tersebut, mulai dari ukuran cup, frekuensi penggunaan, ada tidaknya kawat di dalam bra atau sejak kapan memakai bra.

“Tidak terbukti berbahaya, apapun jenis branya, bahkan yang ketat sekalipun,” timpal Dr Holly Pederson dari Cleveland Clinic.

Kalaupun ada yang mengatakan bra saat tidur bisa membuat payudara mengendur, Pederson menjelaskan, pada dasarnya seiring dengan pertambahan usia, jaringan payudara wanita akan terganti oleh lemak. Jadi cepat atau lambat payudara wanita pasti akan mengendur. Bahkan bra terbaik sekalipun tidak bisa mencegah proses alami ini.

Namun, lain lagi yang dikatakan oleh Dr Alyssa Dweck, dokter spesialis kandungan dari Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York. Ia mengungkapkan, pada kondisi tertentu, ada wanita yang tidak dianjurkan untuk memakai pakaian dalam saat tidur, yaitu yang menderita vulvitis (peradangan pada lipatan luar vagina) dan vaginitis (peradangan pada miss V), apalagi jika sudah kronis.

“Orang-orang ini rentan terkena infeksi jamur, gatal-gatal dan iritasi pada kemaluannya, jadi baiknya tidak tidur tanpa celana dalam,” paparnya seperti dikutip dari Livescience, Kamis (28/4/2016).

Secara umum, dengan memakai celana dalam seharian, Dweck juga khawatir jamur dan bakteri akan mudah tumbuh dan berkembang di area kulit kemaluan yang lembab dan hangat. “Sebaiknya celana dalamnya juga dipilih yang dari katun, karena mudah menyerap keringat,” imbuhnya.

Pilihannya dikembalikan kepada masing-masing orang. Bila lebih nyaman tanpa bra saat tidur, tak jadi soal. Tetapi bila seseorang merasa dadanya besar dan lebih nyaman memakai bra saat tidur, itu juga bukan masalah besar. Yang terpenting pastikan bra yang dipakai terbuat dari bahan yang lembut seperti katun atau tidak berkawat, dan bisa membuat Anda merasa rileks saat tidur (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *