Gogos Terpanjang di Dunia Ada di Makassar

Ilustrasi | Int

Ilustrasi | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Kota Makassar bakal membuat mata dunia tersenyum. Gogoso’, yang merupakan penganan khas kota anging Mamiri itu bakal dibuat dengan versi terpanjang di dunia.

Bayangkan saja, gogoso’ atau biasa juga disebut Gogos, yang biasanya  berukuran tidak lebih sejengkal tangan manusia dewasa bakal dibuat dengan versi yang sangat panjang, yakni seukuran 300 meter atau yang terpanjang dari yang sebelumnya pernah di bikin manusia.
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, yang merupakan pemilik ide tersebut bakal mempersembahkan nya kepada warga kota Makassar, tepat di momentum dua tahun kepemimpinannya di kota Makassar, Minggu ( 8/5/2016 ).

” Insya Allah, ini akan kami gelar pada saat pembukaan Makassar City Expo 2016 di Pantai kebanggaan warga kota Makassar, Pantai Losari. Ide ini bertujuan untuk menegaskan bahwa Makassar adalah kota kuliner nomor satu di Indonesia. Gogos adalah salah satu penganan rakyat yang sangat khas dan sejak dulu akrab dengan warga kita, ini akan kita buat dengan lebih berbeda,” ujar walikota yang akrab di sapa Danny Pomanto.

Untuk warga kota Makassar atau Sulawesi Selatan pada umumnya, gogos kerap disajikan pada saat lebaran bersama ketupat dan juga penganan-penganan lainnya.

Pada  hari-hari biasa, gogos kerap ditemukan di kawasan pantai losari atau dipinggir-pinggir jalan kota makassar. Biasanya dijajakan oleh pedagang asongan  bersama telur asin (Bayao Kannasa’), dan juga kacang rebus.

Gogos berbentuk silinder panjang, dengan isi beras ketan yang dipanggang diatas bara api, dibungkus dengan daun pisang menyerupai lemper. Belakangan, untuk menambah kelezatan nya, gogos kerap ditambah dengan ikan tuna yang diisi didalamnya.

” Nanti nya kita akan undang seluruh warga kota Makassar untuk sama – sama menikmati gogos terpanjang di dunia ” lanjut Danny sambil tersenyum.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kota Makassar, Muhammad Ismounandar saat di konfirmasi mengenai acara ini memberikan penjelasan.

” Tim sedang mempersiapkan seluruh kebutuhan, termasuk bahan – bahan dan juga wadahnya. Pak wali sudah merancang sebuah meja sepanjang 300 meter di salah satu sisi di pelataran City of Makassar. Nantinya, gogos yang sangat panjang ini akan diletakkan diatasnya. Meja panjang ini sekaligus juga untuk mengembalikan memori kita tentang pantai losari dijaman dulu yang terkenal sebagai meja terpanjang didunia,” ujar Ismounandar.

Gogos terpanjang di dunia merupakan salah satu dari sekian banyak Event yang akan di gelar di MC Expo 2016 selama empat hari berturut-turut, 8-11 Mei 2016.

(Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *