Bingung dengan Maksud Tangisan Bayi? Coba Aplikasi Ini

Ilustrasi | Int

Ilustrasi | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Mengutarakan keinginan tentunya sudah biasa kita lakukan sebagai mahluk sosial. Dengan berbicara dan menggunakan bahasa yang dimengerti sehingga pesan yang kita sampaikan dapat diketahui maksudnya.

Namun bagaimana dengan seorang bayi yang belum bisa berbicara? Hal ini sering membuat para orang tua bingung menebak-nebak apa maksud yang ingin diutarakan sang bayi.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh National Taiwan University Hospital Yunlin dalam dua tahun terakhir, mereka menemukan sekitar 200.000 suara yang berbeda yang dikeluarkan oleh 100 bayi baru lahir yang menjadi objek penelitian.

Berdasarkan penelitian tersebut maka dikembangkanlah sebuah aplikasi penerjemah yang dinamai Infant Cries Translator. Aplikasi ini dapat menerjemahkan tangisan bayi hanya dalam kisaran durasi 15 detik.

Aplikasi ini juga disebut mampu membedakan empat macam keinginan bayi seperti lapar, popok yang harus diganti, mengantuk, dan sakit.

Aplikasi ini sendiri dapat diunduh melalui Google Play. penggunaannya pun cukup mudah, cukup memasukkan tanggal lahir, dan kebangsaan sang bayi kemudian rekam tangisan sang bayi selama 10 detik.

Setelah itu aplikasi akan mengunggah ke penyimpanan berbasis Cloud dan menganalisis suara rekaman untuk mencocokan dengan database yang ada. Setelah ditemukan maka maksud dari tangisan bayi tersebut akan disajikan kepada pengguna.

Namun perbedaan tingkat akurasi akan terjadi sesuai dengan umur bayi. Untuk bayi berumur dua minggu tingkat akurasi mencapai 92 persen. Untuk di bawah dua bulan, tingkat akurasi aplikasi dapat mencapai 84,85 persen, namun untuk bayi yang berumur empat bulan tingkat akurasi menurun menjadi 77 persen.

Hal itu dapat terjadi karena bayi terus berkembang dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jadi tidak disarankan digunakan untuk mendeteksi keinginan bayi berumur enam bulan ke atas.

Aplikasi Infant Cries Translator dapat diunduh oleh pengguna gawai iOS dan Android melalui toko aplikasi masing-masing dengan harga Rp45 ribu.

(Syaifuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *