Hilangkan Bau Tak Sedap di Sepatu dengan Delapan Cara Ini

Ilustrasi | Int

Ilustrasi | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Anda sering mengunakan sepatu dalam setiap aktifitas? Mungkin hal ini pernah anda alami. Sepatu mengeluarkan aroma kurang sedap setelah digunakan

Aroma tersebut disebabkan oleh keringat yang keluar dari kaki dan menempel di dalam sepatu. Akhirnya bakteri pun berkembang dengan cepat di dalamnya. Itu sebabnya aroma kurang sedap pada sepatu kesayanganmu keluar kemana-mana.

Cara pertama sebaiknya Anda harus mencucinya hingga bersih dan kering. Lalu, agar bau tak sedap itu tidak muncul, berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda terapkan:

1. Taburkan baking soda
Caranya mudah, taburkan baking soda ke dalam sepatu pada malam hari. Lalu, pada pagi harinya bersihkan baking soda dari dalam sepatu dengan cara menyikatnya.

Baking soda akan menyerap bau tak sedap yang ada di dalam sepatu.

2. Minyak esens
Minyak esens adalah cairan aromatik pada tanaman. Selain sebagai pereda stres, minyak esens juga bisa menghilangkan aroma tak sedap yang ada di dalam sepatu.

Caranya, tetesi sepatu bagian dalam dengan minyak esens. Lalu, letakkan lembaran kertas di dalam sepatu. Biarkan minyak esens dan kertas itu semalaman sebelum sepatu itu digunakan kembali.

3. Cuka
Bau tak sedap di sepatu juga bisa dihilangkan dengan menggunakan cuka. Caranya, rendam sepatu dan solnya dalam larutan cuka. Gunakan sekitar dua cangkir cuka untuk delapan liter air.

Jika terlalu banyak, kurangi takarannya: satu cangkir cuka untuk empat liter air. Aduk campuran air dan cuka itu, lalu rendam sepatu selama satu jam. Setelah itu, cuci hingga bersih dan keringkan sepatu dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari.

4. Kulit jeruk
Kulit jeruk ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengharumkan sepatu. Caranya, potong-potong kulit jeruk dan masukkan ke dalam sepatu. Tinggalkan semalaman kulit jeruk itu di dalam sepatu. Kulit jeruk itu akan menyerap kelembapan di dalam sepatu dan membuat sepatu Anda wangi.

5. Kertas koran
Koran yang sudah tidak dibaca ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau sepatu yang tak sedap.

Caranya, masukkan koran yang sudah diremas-remas ke dalam sepatu. Lalu, bungkus sepatu itu dengan kertas koran lainnya. Biarkan sepatu semalaman sebelum digunakan pada pagi harinya.

6. Teh celup
Teh celup ternyata bisa pula digunakan untuk menghilangkan sepatu yang bau. Pilihlah teh hitam untuk lebih memaksimalkan usaha mematikan bakteri yang mengeluarkan aroma tak sedap.

Sebelum digunakan, letakkan teh celup pada air mendidih selama beberapa menit. Kemudian, tiriskan dan tunggu hingga kantong teh celup ini dingin. Lalu, letakkan teh celup yang sudah dingin itu di dalam sepatu selama semalam. Bersihkan pada pagi harinya sebelum digunakan.

7. Masukkan sepatu ke dalam kulkas
Cara ini memang tampak konyol namun berhasil. Masukkan sepasang sepatu yang berbau ke dalam kantung plastik yang kedap udara. Lalu, letakkan kantong plastik itu di dalam mesin pendingin (freezer) semalaman.

Pada pagi harinya, ambil sepatu itu dan diamkan beberapa saat sampai suhu sepatu normal. Kemudian, gunakan sepatu seperti biasa. Bau tak sedap sudah hilang.

8. Kopi
Setelah sepatu dicuci dan kering. Lalu ambillah bubuk kopi dan memasukkannya ke dalam tisu, kemudian letakkan di dalam sepatu. Biarkan semalaman agar kopi secara maksimal menetralkan bau di dalam sepatu anda.

Pada pagi harinya, keluarkan bungkusan kopi itu dari dalam sepatu dan bersihkan sisa-sisa kopi yang mungkin masih ada di dalamnya. Gunakan sepatu Anda yang sekarang sudah tidak berbau lagi

(Syaifuddin/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *