Singarana Lorong ta Terangi MC Expo 2016

MC Expo | Dok

MC Expo | Dok

Makassar, LiputanLIMA.com – Sebanyak 64 titik lampu Singarana Lorong ta menerangi anjungan pantai Losari yang menjadi lokasi gelaran Makassar City Expo 2016, Minggu, (8/5/2016).

Singarana Lorong ta salah satu program Pemerintah kota (Pemkot) Makassar di bidang infrastruktur ketenagalistrikan. Di program ini, 14 kecamatan bersinergi bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Makassar untuk menerangi lorong – lorong yang ada di Makassar.

Sejak diprogramkan pada 2014 lalu telah terpasang 800 titik yang tersebar di 14 kecamatan. Tahun ini, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mencanangkan sebagai tahun infrastruktur dan penghijauan.

Ada 10.000 titik lampu Singarana Lorong ta yang akan dipasang di 14 kecamatan se – kota Makassar. Menurut M. Hajar Aswad, Kepala Seksi Pemeliharaan Jaringan Lampu Jalan Dinas PU kota Makassar, ada tiga bola lampu yang terpasang pada setiap tiang Singarana Lorong ta, “Satu lampu utama jenis LED 10 Watt, dan dua lampu aksesoris jenis aklirid 5 Watt,” terangnya.

Lampu Singarana Lorong ta yang terpasang di Makassar City (MC) Expo 2016 merupakan prototipe yang akan dipasang di 14 kecamatan se – kota Makassar.

Tinggi tiang mencapai 3,5 meter dengan desain multi fungsi. Selain untuk penerangan juga dapat difungsikan sebagai wadah pot bunga gantung, dan tiang kecil di bagian tengah dapat dimanfaatkan sebagai tiang bendera.

Sejauh ini respon masyarakat terbilang positif. Hal itu diungkapkan oleh Hajar, “Respon masyarakat bagus karena manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” aku Hajar.

Salah seorang pengunjung MC Expo 2016, Alimuddin (23) karyawan Bank Syariah Mandiri Makassar menyampaikan Singarana Lorong ta sangat bermanfaat bagi masyarakat, “Sebagian besar lorong di Makassar kurang pencahayaan adanya Singarana Lorong ta bisa memperindah lorong dan mengurangi resiko kejahatan,” ujar Ali yang juga berdomisili di lorong.

Harapan Ali sejalan dengan tujuan program 10.000 Singarana Lorong ta yang dicanangkan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, “Masalah sosial itu banyak terdapat di lorong – lorong kalau lorong – lorong kita terang, Insya Allah bisa mengurangi masalah sosial yang ada,” ungkap Danny.

MC Expo 2016 sebagai digelar untuk memperingati dua tahun kepemimpinan Danny – Ical di Makassar. Ajang ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban visual pemerintahan Danny – Ical terhadap amanah penggunaan anggaran selama dua tahun memimpin Makassar.

Event MC Expo 2016 digelar selama tiga hari terhitung sejak 8 hingga 11 Mei 2016 di anjungan pantai Losari yang menampilkan capaian program pemerintah kota Makassar melalui 54 SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), lima Perusda (Perusahaan Daerah), dan 14 kecamatan.

Beragam kegiatan mewarnai MC Expo 2016 diantaranya pameran hasil lomba Fotografi Dua Tahun DIA, lomba Garden Iconic, Zikir Akbar bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf dan berbagai pertunjukan seni yang menghibur.

Pembukaan MC Expo 2016 berlangsung Minggu, (8/05) oleh Wali Kota Danny bertepatan dengan dua tahun DIA.

(Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *