Cara Ampuh untuk Menajamkan Otak, Ternyata Simpel Lho

d89b44fc4a561ccb3596e22814d159fdf963127e

Ilustrasi, dua manusia yang memiliki kejeniusan di atas rata-rata | Int

Amerika, LiputanLIMA.com – Siapa saja pasti menginginkan ingatan yang tajam. Ternyata, ada cara simpel untuk melawan lupa pada otak. Caranya pun cukup simpel, cukup melatih menggerakkan mata dari sisi ke sisi lain selama 30 detik seperti diungkapkan studi dari Inggris.

Cara ini telah dibuktikan melalui studi yang dilakukan peneliti dari Manchester Metropolitan University gerakan mata horizontal mengaktifkan saraf-saraf di otak. Coba lakukan gerakan mata ke kiri mengaktifkan otak sebelah kanan, sementara gerakan mata ke kanan mengaktifkan otak bagian kiri. Hal ini membuat komunikasi di otak jadi lebih baik untuk mengingat kenangan.

Dalam penelitian ini, Parker meminta 102 siswa untuk mengingat 15 kata. Setelah mendengar seluruh kata-kata, sepertiga partisipan diminta menggerakkan mata ke kanan dan kiri. Ternyata kemampuan mengingat orang-orang ini lebih baik dibandingkan yang menggerakkan mata ke atas bawah maupun tidak sama sekali.

“Gerakan mata bisa membantu orang untuk mengidentifikasi sumber paling benar di ingatan mereka,” terang psikolog dari University of Toledo, Amerika Serikat, Stephen Christman, yang tidak terlibat dalam penelitian ini dikutip Live Science, Rabu (11/5/2016).

Melihat hasil positif ini, Parker menyatakan manfaat menggerakkan mata secara horizontal untuk ingatan masih spekulatif, masih diperlukan peneletian lebih lanjut guna memahami bagaimana gerakan mata memengaruhi memori (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *