Mahasiswa UIN Alauddin gagas aplikasi android berbahasa lontara.

img_20161006_144027

Dok int.


Makassar, LiputanLIMA.com – Sebelumnya, sebuah aplikasi android tentang daftar tempat nongkrong di kota Makassar bernama nonQ populer digagas oleh mahasiswa UIN Alauddin Makassar, kini kmbali memunculkan aplikasi Short Message Service (SMS) dalam berbahasa lontara Makassar di android.

SMS Makassar merupakan aplikasi SMS yang berjalan pada smartphone berbasis Android untuk mengirim dan menerima pesan dalam bahasa Makassar. Aplikasi ini dapat melakukan konversi aksara latin menjadi aksara Lontara serta dapat melakukan konversi terhadap aksara Lontara tersebut menjadi citra gambar sehingga dapat dikirim melalui media message service (MMS) ke smartphone dengan sistem operasi selain Android.

Adapun fitur yang terdapat pada aplikasi yang kembangkan oleh Arif Rivai mahasiswa tehnik informatika UIN Alauddin ini adalah:

  • Dapat menampilkan pesan dalam aksara Lontara (dengan penanda tertentu) serta dapat mengirim pesan dalam dua metode, yaitu pesan dalam aksara latin (berbahasa Makassar) atau menggunakan keyboard virtual untuk menuliskan inputan aksara Lontara.
  • Dapat melakukan konversi dari aksara latin berbahasa Makassar ke aksara Lontara dan menyimpannya dalam memori eksternal dalam format .jpg
  • Pada fungsi Autotext, terdapat 640 kata bahasa Makassar dalam database.

Seperti itulah fitur fitur yang terdapat pada aplikasi ini.

Meskipun baru dan belum setahun lamanya diterbitkan oleh Spektadev di playstore, aplikasi ini sudah mendapatkan nilai 4,2 bintang.

Ilham.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *