Azalea, Simpanse yang Punya Kebiasaan Merokok

Azalea, simpanse yang punya kebiasaan merokok | Youtube

Azalea, simpanse yang punya kebiasaan merokok | Youtube

Pyongyang, LiputanLIMA.com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari Pyongyang, Korea Utara. Seekor simpanse dari kebun binatang di daerah tersebut punya kebiasaan merokok.

Tidak hanya satu hingga dua batang, simpanse yang dinamai Azalea ini bahkan bisa menghabiskan sebungkus rokok dalam sehari. Kebiasaan simpanse berusia 19 tahun tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

Banyak pengunjung datang hanya untuk melihatnya. Apalagi Azalea bahkan bisa menyalakan rokok tanpa korek, dengan memanfaatkan rokok lain yang sudah menyala.

Hanya saja, kebiasaan ini tentu akan memberikan dampak buruk terhadap satwa ini. Organisasi pemerhati kesejahteraan binatang PETA termasuk yang merasa prihatin dengan kehebohan di Pyongyang ini.

“Betapa kejamnya dengan sengaja membuat simpanse kecanduan tembakau demi menghibur manusia,” kata Presiden PETA, Ingrid Newkirk, dikutip dari Times, Kamis (20/10/2016).

Sementara itu, NYdailynews menyebut bahwa pengelola kebun binatang telah mengeluarkan pernyataan tentang hal itu. Menurut pengelola, Azalea tidak benar-benar mengisap rokok dan asapnya. Ia melakukan itu hanya untuk bersenang-senang.

Kebiasaan merokok banyak dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit mematikan. Dalam sebatang rokok, terkandung ribuan senyawa kimia dan lebih dari 400 di antaranya adalah senyawa karsinogen atau penyebab kanker.

(Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *