Arsitek Seribu Mesjid Perancang Al-Markaz Meninggal

IMG-20160404-WA0030

Ir. Ahmad Noe’man | Dok

Makassar, LiputanLIMA.com – Dunia arsitek kehilangan putra terbaik. Ir. Ahmad Noe’man, perancang ribuan mesjid terkenal di beberapa negara diberitakan meninggal dalam usia 90 tahun. Kabar duka tersebut disampaikan mantan Ketua umum PB HMI, Hasanuddin melalui akun Facebook miliknya.

“Innalillahi waa inna ilaihi rodjiuun….. Ir. H. Ahmad Noe’man, Arsitektur Muslim kenamaan itu telah berangkat memenuhi panggilan-Nya. Perancang Logo Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu dikenal luas karena karya-besarnya dalam merangcang sejumlah Masjid yang jadi Ikon disejumlah Kota. Sebutlah misalnya Masjid Al-Markaz Al-Islami di Makassar,”

“Doa menyertai kepergian beliau mendahului kita semua, semoga segala amal jariahnya dilipatgandakan Allah bagi-Nya. Dan semoga husnul khotimah dalam perjalanan-Nya didalam panduan cahaya-Nya, amiin yra,” demikian bunyi status Hasanuddin yang diposting Senin (4/4/2016) malam.

Ahmad Noe’man mendedikasikan hidupnya untuk membangun masjid sehingga ia dijuluki ”Arsitek Seribu Masjid”. Ide besarnya, antara lain, masjid tidak harus berkubah karena sering kali malah menambah beban masjid dan tidak fungsional.

Karya Noe’man yang paling fenomenal selain Al-Markaz Al-Islami di Makassar, adalah Masjid Salman di Kampus Institut Teknologi Bandung, Masjid Asy-Syifa di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung, Masjid Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Masjid Agung Al Akbar, Surabaya, dan Masjid Indonesia di Sarajevo, Bosnia. Selain itu Noe’man adalah perancang logo HMI yang khas itu.

(Hek)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *