Wikipedia: Awal Mei 2016, Panama Papers Dilansir Lebih Lengkap

unnamed (4)

Ilustrasi | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Beberapa hari terakhir, masyarakat dunia dan Indonesia dihebohkan dengan bocornya dokumen rahasia yang diistilahkan “Panama Papers”. Lantas apakah Panama Papers itu?

Wikipedia memberikan perhatian khusus dengan memberikan pengertian:

“Kumpulan 11,5 juta dokumen rahasia yang dibuat oleh penyedia jasa perusahaan asal Panama, Mossack Fonseca. Dokumen ini berisi informasi rinci mengenai lebih dari 214.000 perusahaan luar negeri, termasuk identitas pemegang saham dan direkturnya.

Dokumen tersebut mencantumkan nama pemimpin lima negara Argentina, Islandia, Arab Saudi, Ukraina, dan Uni Emirat Arab-serta pejabat pemerintahan, kerabat dekat, dan teman dekat sejumlah kepala pemerintahan ±40 negara lainnya, termasuk Brasil, Cina, Perancis, India, Malaysia, Meksiko, Malta, Pakistan, Rusia, Afrika Selatan, Spanyol, Suriah, dan Britania Raya.”

Rentang waktu dokumen ini dapat ditelusuri hingga tahun 1970-an. Dokumen berukuran 2,6 terabyte ini diberikan oleh seorang sumber anonim kepada Süddeutsche Zeitung pada bulan Agustus 2015 dan International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

Dokumen bocoran ini kemudian disebarkan dan dianalisis oleh kurang lebih 400 wartawan di 107 organisasi media di lebih dari 80 negara. Laporan berita pertama berdasarkan dokumen ini bersama 149 berkas dokumennya diterbitkan pada tanggal 3 April 2016.

Masih menurut wikipedia, Daftar lengkap perusahaan yang terlibat akan dirilis pada awal Mei 2016.

Untuk Indonesia, beberapa nama pengusaha hebat disebut dalam dokumen tersebut. Ada nama Sandiaga S. Uno pengusaha yang disebut-sebut sebagai calon kuat Gubernur DKI, dan beberapa nama besar lainnya.

Mereka masuk dalam daftar itu karena pernah menyewa Mossack Fonseca untuk mendirikan perusahaan di yuridiksi bebas pajak di luar negeri (offshore). Sehingga dicurigai, banyak pengusaha internasional membuka perusahaan di Panama untuk menghindari pajak di Negara mereka.

(Hek)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *