Punya KIS Jokowi, 15 Jam Tidak Ditindaki, Ibu Hamil Meninggal Bersama Bayi

IMG-20160416-WA0007

Suami korban (kemeja batik), Saiful | Dok

Takalar, LiputanLIMA.com – Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang jadi kartu andalan Presiden Jokowi menelan korban. Tak tanggung tanggung, KIS merenggut nyawa warga Galesong Kabupaten Takalar Sulsel.

Adalah seorang Ibu Hamil, Fitriani (22) bersama bayi yang dikandungnya, harus meregang nyawa karena tidak memperoleh tindakan medis.
Suami korban, Saiful ketika ditemui LiputanLIMA.com menceritakan kronologis yang menimpa istri dan buah hatinya.

“Kita dirujuk dari Puskesmas Galesong pada Rabu (13/4/2016) sore. Sampai di Rumah Sakit Umum Takalar, 15 jam tidak ada tindakan,” cerita Saiful.

Takdir berkata lain, Kamis (14/4/2016) Fitriani menghembuskan nafas terakhir bersama bayi yang dikandungnya. Dengan mata berkaca-kaca, Saiful mengeluhkan manajemen pelayanan Rumah Sakit Padjonga Daeng Ngalle Takalar.

“Meski ini ajal, tapi pelayanan disana sangat meresahkan. Sudah pembukaan 9, istri saya cuman diinfus. Kami pemegang KIS, tapi tidak ada pelayanan serius,” ungkapnya.

Arifin yang juga kerabat korban, meminta pemerintah untuk lebih tegas terhadap semua rumah sakit di seluruh Indonesia. “Kami ikhlas. Tapi cukup kami yang terakhir, jangan ada lagi korban selanjutnya gara gara Kartu,” tutup Arifin.

Kartu Indonesia Sehat adalah program unggulan presiden Jokowi untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat miskin. Namun keberadaan “Kartu Ajaib” tersebut terkadang tidak berbanding lurus dengan kenyataan di lapangan.

(Hek)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *