HMI Cagora Kembali Aksi, Minta Saut Situmorang Dicopot

Massa aksi dari HMI Cagora melakukan pembakaran ban, Sabtu (7/5/2016) | Ahmad

Massa aksi dari HMI Cagora melakukan pembakaran ban, Sabtu (7/5/2016) | Ahmad

Makassar, LiputanLIMA.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Gowa Raya (Cagora) kembali melakukan aksi di depan kampus I UIN Alauddin, jalan Sultan Alauddin. Mereka menuntut pencopotan Saut Situmorang, Sabtu (7/5/2016)

Dalam aksinya mereka juga melakukan pembakaran ban. Sejumlah aparat Kepolisian yang menjaga jalannya aksi sempat menghentikan aksi pembakaran tersebut.

Massa juga diminta menghentikan aksi unjuk rasa oleh aparat. Meski dihentikan, HMI Cagora mengalihkan pergerakan ke kampus Unismuh Makassar.

Berikut tuntutan HMI Cagora.
1. Mendesak kepada Thony Saut Situmorang untuk mundur dari jabatannya sebagai wakil ketua KPK karena dinilai mencederai martabat dan marwah KPK itu sendiri.
2. Meminta kepada majelis etik KPK untuk memeriksa Thony Saut Situmorang terkait pernyataan yang menyudutkan HmI.
3. Meminta maaf kepada seluruh kader HmI lewat media cetak, online, dan televisi.
4. Mendesak kepada DPR RI agar meninjau kembali hasil uji kelayakan tentang pencalonan sebagai komisioner KPK.
5. Mendesak kepada Kapolri untuk menangkap dan memproses Thony Saut Situmorang atas pernyataan yang mencemarkan nama baik HmI.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Kamis (5/5/2016) di salah satu stasiun televisi swasta, Saut menyampaikan tentang hubungan korupsi dan kejahatan dengan orang-orang cerdas mendapat kritikan. Saat itu, ia mengaitkannya dengan contoh alumni HMI minimal Latihan Kader (LK) I.

(Ahmad/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *