KAHMI Sulsel Turun Jalan Aksi Saut

Sekretaris KAHMI Sulsel, Irwan Muin (pakai jas) turut serta dalam aksi Saut KPK, Senin (9/5/2016) | Dok

Sekretaris KAHMI Sulsel, Irwan Muin (pakai jas) turut serta dalam aksi Saut KPK, Senin (9/5/2016) | Dok

Makasaar, LiputanLIMA.com – Aksi kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar, Makassar Timur, Gowa Raya, Badko HMI Sulselbar serta KAHMI Makassar dan Sulsel melakukan unjuk rasa di sejumlah titik di Makassar, Senin (9/5/2016) menyusul pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang mendeskreditkan organisasi tersebut.

Aksi unjuk rasa dimulai di Wisma HMI di Jalan Botolempangan dilanjutkan di halaman Polrestabes Makassar yang dikawal oleh LBH KAHMI sebagai kuasa hukum.

Mereka meminta Kapolri melalui Kapolrestabes Makassar segera memproses yang bersangkutan karena dinilai mencemarkan nama baik lembaga.

Selain kader HMI, turut pula Pengurus KAHMI Sulsel. Nampak sekretaris Presidium KAHMI Sulsel, Irwan Muin.

“Kami meminta agar Saut Situmorang diproses sesuai dengan hukum yang ada. Sebab pernyataan itu dianggap mencemarkan nama baik lembaga dan marwah HMI,” ujar Sekretaris Majelis Wilayah KAHMI Sulsel Irwan Muin disela-sela aksi.

Menurut dia, pihaknya akan melayangkan gugatan hukum untuk sebagai bentuk perlawanan atas pernyataan Saut Situmorang atas kata-kata yang mendiskriditkan HMI dan Korps HMI atau KAHMI saat talkshow di salah satu media nasional 5 Mei 2016.

Atas pernyataan tersebut, kata Irwan, pihaknya segera membuat tuntutan hukum kepada Saut ke Polri sebagai tindak pidana fitnah serta pencemaran nama baik termasuk melaporkan Saut Situmorang kepada Dewan Etik KPK.

Sementara itu, Kapolrestabes Makassar, Rusdi Hartono yang menerima laporan mengapresiasi apa yang dilakukan massa. Hal itu lantaran mereka menggunakan jalur hukum sesuai dengan undang-undang negara.

“Selanjutnya Penyidik akan menindaklanjuti laporan tersebut,” kata dia.

(Ruslan/Hek)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *