Waspadai Kanker Payudara, Usia 13 Bisa Kena Lho

kanker-payudara130513b

Cegah kanker payudara sejak dini | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Ketua TP PKK kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, dan ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Linda Agum Gumelar melalui organisasi yang dipimpinnya bakal turun ke sekolah – sekolah melakukan sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara.

Keduanya mendiskusikannya saat Seminar Sehari Deteksi Dini Kanker Payudara yang diprakarsai TP PKK kota Makassar – Pemkot Makassar – YPKI di Amirullah, Sabtu, (14/05/2016).

Baik Indira maupun Linda menyadari pentingnya melakukan sosialisasi di kalangan pelajar agar resiko terkena kanker payudara dapat diminimalisir.

“Dari catatan kami, resiko kanker bisa menyerang di usia 13 tahun. Remaja kita juga rentan terkena kanker,” kata Linda.

Dari tahun ke tahun jumlah penderita kanker terus meningkat. Dari data yang dipublish SIRS di tahun 2010, di Indonesia, kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh rumah sakit dengan jumlah pasien sebanyak 12.014 orang atau 28,7%.

Sementara di tahun 2015, YKPI melalui layanan unit mobil Mammografi mencatat jumlah pasien yang diperiksa mencapai 3.427 orang dari jumlah itu, ada 428 orang yang menderita tumor jinak, dan 47 orang dengan hasil pemeriksaan curiga ganas.

“Penyadaran tentang pentingnya deteksi dini kanker payudara perlu dilakukan di sekolah – sekolah agar anak – anak kita paham dengan resiko kanker dan menjauhi faktor penyebabnya,” tutur Indira.

Kanker payudara bisa timbul dari pola konsumsi dan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, dan minum minuman beralkohol. Agar terhindar dari bahaya kanker, dianjurkan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah – buahan segar.

Diakui Indira yang juga isteri wali kota Makassar, tak sedikit orang – orang di luar sana yang masih malu – malu memeriksakan diri ke dokter. “Tidak boleh malu, ini demi kesehatan. Semakin cepat diketahui semakin baik agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Ini juga perlu untuk mencegah meningkat ke stadium lanjut,” anjur Indira. 

Sementara itu, Wali kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengingatkan perlunya dukungan keluarga bagi survivor kanker dalam melewati masa – masa sulit, “Dukungan keluarga penting untuk menguatkan dan mempercepat proses penyembuhan,” ujarnya.

Sebagai wali kota, dirinya juga berkomitmen mendukung upaya deteksi dini kanker payudara agar masyarakat memiliki pengetahuan dan daya tahan terhadap bahaya kanker.

Rilis

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *