Ini Hasil “Operasi Senyap” Dirjen Hubdar Jelang Lebaran

Pudji Hartanto | Dok

Puji Hartanto | Dok

Makassar, LiputanLIMA.com – Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Puji Hartanto Iskandar melakukan “operasi senyap” berkaitan kesiapan arus mudik lebaran Idul Fitri 2016. Dia secara diam-diam berangkat dari Jakarta ke Kota Bandung menumpangi bus umum tujuan Kampung Rambutan-Leuwipanjang. Bagaimana hasil pantauannya?

Seperti diberitakan detikcom, Puji naik bus umum dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (29/6/2016), sekitar pukul 13.00 WIB. Empat jam kemudian atau sekitar pukul 17.00 WIB, Puji bersama tiga orang dari Kemenhub tiba di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung. Kedatangan mereka menggunakan angkutan umum tersebut tanpa sepengetahuan Dishub Jabar dan Dishub Kota Bandung.

“Sengaja naik (bus) umum untuk mengecek kesiapan (armada),” ucap Puji di Terminal Leuwipanjang.

Selama perjalanan Jakarta-Bandung, Puji menyoroti perilaku sopir saat mengemudikan kendaraan. Dia menyesalkan tabiat sopir bus yang terang-terangan tidak menggunakan sabuk pengaman. Padahal sabuk pengaman bagian penting bagi penting keselamatan sopir.

“Tadi (sopir) tidak pakai safety belt. Saya ingatkan tadi sopirnya untuk memakai safety belt selama dalam perjalanan,” ujar Puji.

Bertepatan arus mudik dan balik nanti, dia mengingatkan kepada para sopir bus agar tidak ngebut saat mengangkut penumpang. “Terpenting ialah kondisi fisik sopirnya yang harus keadaan siap. Kalau untuk penilaian armada, saya kira sudah siap semuanya. Mulai dari kondisi fisik kendaraan, sudah ada stiker laik jalannya, lalu fasilitas di dalam bus, dan semuanya sudah siap,” tutur Puji.

Selain itu, Puji menegaskan, sopir bus umum dilarang menurunkan dan menaikkan penumpang di area jalan tol.

“Selama memantau tadi, tidak ada bus yang menurunkan atau menaikkan penumpang di jalan tol,” kata mantan Kapolda Sulselbar tersebut.

Sewaktu “operasi senyap” itu Puji merespons positif soal kebersihan di dalam bus sehingga penumpang nyaman.

Dia berharap para sopir dan armada angkutan lebaran Idul Fitri 2016 memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan jasa angkutan umum.

(Asrul)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *