Andi Mustaman Harap Tak Ada Lagi Warga Ditolak Rumah Sakit Karena Biaya

andi-mustaman
Andi Mustaman
MAKASSAR, LiputanLIMA– Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan,P jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan, dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan.
Kesehatan merupakan sebuah nikmat terbesar yang dianugerahkan Tuhan kepada setiap insan. Kesehatan adalah elemen terpenting dalam kehidupan.
Kesehatan merupakan kebutuhan sejak janin terbentuk di dalam kandungan, hingga masa lanjut usia (Lansia) menjelang. Kesehatan juga merupakan investasi, sebuah aset yang bernilai tinggi, sehingga tidak ada satuan harga yang mampu membeli.
Hal ini disampaikn Ketua Yayasan Bakti Bumi Persada yang membina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wira Bhakti Makassar, Andi Mustaman.
“Setiap orang berhak atas kesehatan, namun juga berkewajiban untuk berperilaku sehat guna mempertahankan serta meningkatkan derajat kesehatan,” ujar Andi Mustaman di Makassar, (12/11/2016).
Untuk itu, Andi Mustaman berharap Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati pada tanggal 12 November, tidak ada lagi kabar warga ditolak oleh rumah sakit karena persoalan biaya.
“Ini adalah amanat konstitusi yaitu memberikan pelayanan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali,” jelas mantan legislator DPRD Sulsel ini.
Menurutnya masih banyak orang miskin, gelandangan dan anak jalanan serta orang penyandang masalah sosial yang ditolak berobat di Rumah Sakit. Untuk itu perlu ada komitmen semua stakeholder untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Andi Mustaman pun memberikan dukungannya dengan program tema Hari Kesehatan Nasional “Indonesia Cinta Sehat” dengan sub tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat”. Tema ini dimaknai secara luas, seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).
“Ini adalah momentum bagi bangsa Indonesia untuk berfokus membangun diri, keluarga, masyarakat dan negara, khususnya di bidang pembangunan kesehatan. Kesehatan merupakan harta paling berharga yang harus kita jaga dan pelihara dengan berperilaku hidup sehat,” tutup Andi Mustaman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *