Anda Alumni Sanggar Seni eSA.? Ada Milad Malam ini

images

Makassar, LiputanLIMA– Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Budaya Sultan Alauddin (UKM SB eSA) akan memperingati milad mereka yang ke 23 malam ini, Sabtu (19/11/2016). UKM di Kampus UIN Alauddin telah memiliki ribuan alumni yang kini memiliki berbagai latar belakang.
Milad ke 23 UKM SB eSA ini mengusung tema “Refleksi Kebudayaan : Yang Lain Yang Main”. “Tema ini berangkat dari hasil diskusi kader Sanggar eSA yang menitikberatkan Harlah kepada sesuatu yang lebih substansial, dalam hal ini proses merefleksi diri ataupun secara umum semangat kelembagaan yang visioner pada konteks kebudayaan.”papar Indra Manguleta, Pimpro kegiatan ini.  Termasuk menurut Indra, pemilihan tema ini didasari maklumat salah seorang pendiri UKM SB eSA, Hamdan yang menyatakan bahwa Generasi eSA di kader untuk menjadi seniman bukan penghibur, di kader untuk menjadi penggerak kebudayaan bukan budak kebudayaan, di kader untuk memberi interupsi atas hegemoni terhadap kebudayaannya bukan pengkonsumsi budaya asing yang menindas budayanya sendiri. Amanah ini berubah menjadi spirit setiap kader untuk tetap bersetubuh dengan eSAismenya. “Yang lain yang main” adalah upaya membicarakan “other” atau yang lain, sesuatu yang lain, sisi lain daripada kebudayaan yang secara umum dipahami.

“Tema ini berupaya masuk kedalam banyak hal mulai dari permasalahan atau degradasi nilai dalam menilik budaya sampai dengan upaya menggambarkan suatu spirit atau ruh kebudayaan kedalam dunia pertunjukan kesenian.”tambah Indra.

Pada milad 23 ini, UKM SB eSA kembali menampilkan karya terbaik Delapan cabang seni yang ada di eSA yang diramu kedalam paket pertunjukan kesenian yang tentunya telah melalui eksplorasi yang amat dalam.

Acara milad 23 atau pentas pertunjukan malam puncak milad 23 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 November 2016 pukul 20.00 Wita di Gedung PKM kampus II UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Semoga para penikmat menemukan nilai atau esensi didalamnya, atau setidaknya menjadi gambaran bahwa orang-orang kreatif selalu ada, terlepas dari koridor ruang dan waktu.

One Comment

Muh. Ikhsan AR.

Selamat Milad ke-23 eSA tercinta, moga semakin maju n sukses slalu. Teruslah berkarya eSA-ku, “Setelah Ini, Esok Apa Lagi?”….

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *