PKS: Fahri Hamzah Tidak Sejalan Arahan Partai

images (42)

PKS | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – DPP PKS akhirnya memberikan penjelasan terkait pemecatan anggotanya Fahri Hamzah. Penjelasan itu ditulis dalam laman resmi PKS, dengan nama presiden DPP Mohamad Sohibul Iman diakhir penjelasan, Senin (4/4/2016).

Dalam tulisan itu, Fahri Hamzah dinilai menyimpang dari koridor PKS. Bahkan jauh sebelum surat pemecatan dikeluarkan, Fahri sempat ‘didudukkan’ dihadapan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS.

“Kita ingin benar-benar tampil sesuai karakteristik partai kader dan partai dakwah dengan kedisiplinan dan kesantunannya. Untuk itu KMS meminta agar FH menyesuaikan diri dengan arah kebijakan tersebut, dan senantiasa melakukan syuro serta mengindahkan arahan Partai,” demikian tertulis dalam penjelasan itu.

Kala itu, Fahri diminta untuk menyampaikan pendapat ke publik dengan cara yang bijak sesuai aturan partai, sehingga tidak menimbulkan kontroversi dan citra negatif bagi Partai. Apalagi posisi FH sebagai Wakil Ketua DPR RI akan selalu menjadi perhatian publik dan diasosiasikan oleh sebagian pihak sebagai sikap dan kebijakan PKS.

Selama menjabat, DPP PKS menilai, Fahri selalu mengeluarkan kebijakan kontroversial, kontraproduktif dan tidak sejalan dengan arahan Partai saat itu. Seperti, menyebut ‘rada-rada bloon’ untuk para anggota DPR RI, mengatasnamakan DPR RI telah sepakat untuk membubarkan KPK, serta Pasang badan untuk tujuh proyek DPR RI yang mana hal tersebut bukan merupakan arahan Pimpinan Partai.

Untuk sejumlah sikap Fahri tersebut, DPP PKS pun menyidangkannya. Berdasarkan sidang terakhir, Wakil Ketua DPR RI itu dinilai melanggar disiplin organisasi Partai, dan akhirnya dipecat.

“Pada sidang ketiga Majelis Tahkim tanggal 11 Maret 2016, setelah menimbang dan memperhatikan berbagai hal terkait dengan rekomendasi BPDO atas perkara Teradu dan penyikapan Teradu terhadap proses persidangan Majelis Tahkim, maka Majelis Tahkim memutuskan melalui putusan No.02/PUT/MT-PKS/2016 menerima rekomendasi BPDO yaitu memberhentikan Saudara FH dari semua jenjang keanggotaan PKS,”

(*/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *