Nama nama ini Diprediksi Bertarung di Pilwalkot Makassar

Dok

Dok

 

Makassar, LiputanLIMA.com – Pemilihan Walikota Makassar masih dua tahun lagi. Beberapa nama mulai diprediksi akan ambil bagian dalam pertarungan lima tahunan tersebut. Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir menilai Pilwalkot Makassar kemungkinan di incar banyak figur, sebab ada begitu banyak figur potensial yang telah mempersiapkan diri untuk maju melawan sang petahana Danny Pomanto

Suwadi memprediksi Daeng Ical yang saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota akan maju melawan Danny Pomanto sebab hubungan keduanya sudah tidak Harmonis lagi. “Dengan kondisi sekarang, kelihatannya Deng Ical akan maju Walikota,” tutur Suwadi, Jumat (3/6/2016).

Selain itu, pihaknya juga memprediksi Pilwalkot Makassar juga berpotensi di incar figur figur potensial lainnya, yaitu Husain Abdullah, Forouk M. Beta, Andre Arif Bulu, Andi Rachmatika Dewi, Irman Yasin Limpo, Rusdin Abdullah, Imran Tenri Tata, Isradi Zainal, Saiful Saleh, Ibrahim Saleh, Adi Rasyid Ali, Kadir Halid, Dr Majdah M. Zain, Tamsil Linrung dan Rudy P. Goni

“Nama-nama tersebut berpotensi mengincar pilwalkot makassar sebab peta kekuatan di kota makassar relatif masih sangat dinamis, walau ada incumbent Danny Pomanto. Namun kekuatannya sedikit lemah kalau berpisah dengan wakilnya Syamsul Rijal (Daeng Ical),” jelasnya lagi.

Kondisi tersebut membuka ruang pertarungan menjadi sangat dinamis. Menurut Suwadi jika DP dan Daeng Ical masing masing memutuskan maju sebagai calon walikota maka keduanya harus mencari figur kuat untuk mendampingi mereka, dan menutupi masing-masing kelemahan mereka

Incumbent DP butuh figur seperti Rusdin Abdullah, Farouk M. Beta, dan Ibrahim Saleh untuk menggantikan posisi Daeng Ical agar kekuatannya bertambah.

Sedangkan Daeng Ical juga butuh figur kuat seperti Dr Majdah, Farouk M. Beta, Andi Rachmatika Dewi untuk bisa membangun kekuatan solid melawan incumbent Walikota DP.

Selain keduanya mencari figur kuat untuk mendampingi mereka, Suwadi menyarankan keduanya perlu mengantisipasi majunya Irman YL, Husain Abdullah dan Tamsil Linrung. “Ketiga figur ini sangat berpotensi menjadi lawan yang kuat DP dan Daeng Ical di pilwalkot makassar 2018”,ujar konsultan politik kelahiran Takalar.

Modal Irman YL dan Tamsil Linrung di pilwalkot makassar 2013 lalu yang finis di urutan kedua dan ketiga menjadi modal sosial dan politik melawan incumbent yang tak utuh di pilwalkot makassar 2018.

Sedangkan Husain Abdullah walau juga figur baru namun staf ahli Wapres pak JK tersebut juga tergolong figur populer dan tentu masuk kategori figur potensial. Apalagi pilwalkot Makassar setentak dengan Pilgub sulsel, tentu penyatuan kekuatan dan dukungan politik harus kuat dan tepat buat semuanya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *