Pedrosa Minta Penggunaan Sirip di MotoGP Dihentikan

images (10)

Sirip atau Winglets yang terpasang di motor milik Andrea Iannone | Int

Makassar, LiputanLIMA.com – Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa meminta penggunaan komponen tambahan berupa sirip atau Winglets dihentikan. Insiden yang melibatkan dirinya dengan Andrea Dovizioso di seri MotoGP Austin, Amerika Serikat adalah pemicunya.

Sirip itu memang bukan penyebab insiden Dani dan Dovizioso, namun pebalap Spanyol itu mengkhawatirkan komponen sirip akan membahayakan keselamatan rider lain jika membentur tubuh.

Winglets yang dipasang pada bagian depan dan samping fairing selama ini dimaksudkan untuk menambah daya tekan ke bawah (downforce) sehingga motor lebih lengket ke aspal dan stabil. Penggunaannya dimulai oleh Ducati dan belakangan diikuti oleh Honda dan pembalap Yamaha Jorge Lorenzo.

Jauh sebelum Pedrosa bersuara mengenai hal ini, Valentino Rossi sudah lebih dulu mengkritik keberadaan winglets karena penampilannya yang buruk. Sementara Cal Crutchlow khawatir komponen ini bisa “mengiris” badan pembalap.

“Untunglah (Dovizioso) baik-baik saja, karena benturan itu sangat keras, dan beruntung juga winglets punya saya tidak terlalu besar,” kata Pedrosa.

Dani beranggapan, penggunaan Winglets harus dihentikan dengan alasan keselamatan. Salah satu contoh bahayanya komponen ini, kata Dani, bisa dilihat pada seri Argentina, ketika Winglets Andrea Iannone bisa memotong kamera on-board Marc Marquez.

“Jika benda itu bisa merusak kamera, dampaknya bisa lebih buruk jika menghantam badan,” ungkap Dani

(*/Luqman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *